Naval Expo 2022 Sukses Digelar, KSAL: Terimakasih Para Peserta dan Masyarakat serta Media Massa

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono secara resmi menutup pameran Naval Expo 2022 yang digelar di Balai Samudera, Jakarta Utara.

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono saat memberikan keterangan kepada wartawan usai menutup pameran Naval Expo 2022

“Acara pameran Naval Expo 2022 yang digelar beberapa hari ini dan disaksikan bersama telah kita tutup,” kata KSAL Yudo kepada media, Minggu malam (18/9/2022).

Pantauan pewarta, penutupan pameran turut dihadiri Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, pejabat Pangkotama TNI AL, para pimpinan perusahaan industri pertahanan, serta para tamu dan pengunjung. Penutupan ditandai dengan penekanan tombol pelepasan ratusan balon yang jatuh ditengah-tengah acara berlangsung. Sebelum penutupan KSAL memberikan tanda penghargaan kepada para pimpinan yang perusahaannya telah ikut serta dalam pameran Naval Expo 2022. Acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Naval Expo 2022 yang sebelumnya dibuka Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI AL telah diikuti oleh puluhan produsen serta perusahaan industri pertahanan (militer) dan industri maritim nasional. Tak hanya itu, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) turut ambil bagian memeriahkan acara pameran yang digelar TNI AL tersebut.

“Naval Expo 2022 ini diikuti oleh 55 stand terdiri dari perusahaan industri pertahanan dan peralatan-peralatan yang mendukung kegiatan TNI AL,” ujar Yudo Margono.

“Dan tak kalah penting, ada UMKM yang turut mendukung program pemerintah, khususnya dalam percepatan dan pemulihan ekonomi,” sambungnya.

Pameran Naval Expo 2022 diselenggarakan selama sepekan 11-18 September 2022. Panitia penyelenggaraan kegiatan pameran itu diketuai oleh Komandan Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) Laksdya TNI Nurhidayat.

Sejumlah alutsista dan kelengkapan persenjataan TNI AL dihadirkan dalam pameran tersebut.

Tak hanya itu, berbagai rangkaian acara juga ditampilkan serta disuguhkan dalam kegiatan pameran Naval Expo 2022. Seperti talk show industri kemaritiman, klinik medifit (pemeriksaan kesehatan), pertunjukan kesenian dari Kotama TNI AL, organisasi istri prajurit TNI AL Jalasenastri, dan tarian tradisional dari Suku Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Pemeran itu juga sekaligus untuk memberi wawasan kepada masyarakat luas dapat melihat lebih dekat keunggulan alat-alat pertahanan yang dimiliki oleh matra Angkatan Laut Indonesia dan industri kemaritiman nasional.

Laksamana Yudo menyebut sekitar puluhan ribu pengunjung Naval Expo 2022 hadir dan menyaksikan langsung pameran yang dibuka untuk umum itu.

“Naval Expo 2022 ini dihadiri kurang lebih sepuluh ribu pengunjung, baik dari TNI, masyarakat umum, para siswa/i atau pelajar SMP dan SMA,” tuturnya.

Dengan berakhirnya pameran tersebut, selaku pimpinan TNI AL, KSAL Yudo Margono mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pihak serta stakeholder, media massa nasional dan masyarakat dalam menyukseskan kegiatan Naval Expo 2022 TNI Angkatan Laut.

“Terimakasih kepada seluruh peserta dan pihak-pihak yang telah mendukung kegiatan Naval Expo 2022, sehingga sukses berlangsung dengan baik,” ucap KSAL.

“Kita berharap, agar kedepan Naval Expo bisa lebih ditingkatkan dengan memperbanyak stand Kemaritiman, termasuk kita undang Angkatan Laut dari negara lain, juga UMKM serta pedagang kecil seperti pedagang kuliner/makanan, minuman, pakaian batik serta tenun/lurik, sehingga dapat membantu pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi masyarakat,” pungkasnya menambahkan.