TNI AU Undang Masyarakat Umum Menyaksikan Seremoni Peringatan HUT ke 77 Angkatan Udara

0

Koran Jurnal, Jakarta – TNI Angkatan Udara (TNI AU) mengundang masyarakat umum untuk hadir dan ikut menyaksikan secara langsung seremoni peringatan hari ulang tahun atau HUT ke 77 TNI AU pada Minggu 9 April 2023 yang dipusatkan di Taxy Way Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

“Pada tanggal 9 April kita mengundang kurang lebih 3 ribu undangan, dan juga secara khusus di peringatan kali ini (HUT ke 77 TNI AU) kita mengundang seluruh masyarakat untuk datang ke Lanud Halim Perdanakusuma,” kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangannya kepada media, Kamis (6/4/2023).

Indan menyebut, pihaknya menyediakan lokasi khusus bagi masyarakat yang ingin menyaksikan langsung.

“Jadi mulai hari ini kita sudah membuka pangkalan kita untuk masyarakat ikut melihat parade, defile, demo udara dan demo darat. Dan kita sudah siapkan titik-titik kumpul dan tempat parkir untuk masuk ke sini,” terang Indan.

Ditambahkan Indan, bagi masyarakat yang ingin menyaksikan langsung perayaan hari jadi TNI AU, pihaknya telah menyediakan fasilitas transportasi dari pintu masuk yang akan mengantarkan mereka sampai ke lokasi upacara. Acara ini pun gratis dan terbuka untuk umum.

“Kita siapkan titik-titik parkir dan kita siapin shuttle bus. Jadi, ada angkutan kota TransHalim yang akan mentransfer masyarakat ke sini (Taxy Way Lanud Halim Perdanakusuma),” tambahnya.

Indan mengungkapkan bahwa masyarakat dapat menyaksikan secara langsung berbagai kemampuan alutsista dan profesionalisme prajurit TNI AU yang akan menampilkan berbagai manuver dan simulasi pertempuran udara dan simulasi pertempuran darat.

Demo darat peringatan HUT ke-77 TNI AU pada hari Minggu nanti akan diisi dengan penampilan memukau dari Taruna Akademi Angkatan Udara yang tergabung dalam Gita Dirgantara Drumband serta operasi pembebasan sandera yang dipertunjukkan oleh para prajurit Kopasgat andal dan terlatih.

Sementara itu, dalam demo udara, puluhan pesawat TNI AU dengan berbagai jenis mulai dari unsur tempur, transportasi/angkut, hingga helikopter siap untuk melakukan fly pass dan manuver udara.

Di antaranya, fly pass Giant Flag bendera Merah Putih dan bendera Swa Bhuwana Paksa TNI AU, dog fight tiga pesawat tempur TNI AU, serta atraksi menghias langit Jakarta yang disuguhkan oleh Jupiter Aerobatic Team dan Dynamic Pegasus.

Pada peringatan HUT Ke-77 TNI AU, lanjut Indan, juga dilaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial berupa pencanangan pencegahan stunting, pelayanan kesehatan gratis, dan penyaluran sembako yang dipusatkan di provinsi Nusa Tenggara Timur.(*)