Evakuasi Sudan Hari ke dua, Pesawat B-737 TNI AU Berhasil Evakuasi WNI dan WNA ke Jeddah

0

Koran Jurnal, Jeddah – Pesawat Boeing B-737 A-7305 TNI AU yang sedang melaksanakan misi evakuasi WNI di Sudan kembali melanjutkan tugas. Pada evakuasi sortie ke empat, rute Jedah – Port Sudan – Jeddah, Jumat (28/4/2023), pesawat tidak saja mengevakuasi Warga Negara Indonesia, tetapi juga Warga Negara Asing (WNA).

Sebanyak 28 personel, yang terdiri WNI dan WNA berhasil dievakuasi dari Port Sudan ke Jeddah. WNA yang dievakuasi berasal dari Bangladesh, Filipina, Australia, dan Djibouti. Dengan demikian, dalam empat sorties, pesawat B-737 A-7305 TNI AU berhasil mengevakuasi 372 orang, terdiri dari WNI 355 orang dan WNA 17 orang.

Para WNA sesampai di Jeddah, akan melanjutkan perjalanan kembali ke negara masing-masing menggunakan transportasi pesawat komersial.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos, menyebutkan, sortie ke empat pada Jumat (27/4/2023) kemarin merupakan tahap terakhir evakuasi rute Jedah – Port Sudan – Jeddah. Selanjutnya akan dilakukan proses pemulangan WNI ke tanah air dari Jeddah ke Jakarta.

“Proses evakuasi WNI akan dilanjutkan pemulangan ke tanah air, yang direncanakan dilaksanakan pada 30 April 2023, menggunakan pesawat komersial dan sebagian pesawat boeing A-7305 TNI AU,” ujar Kadispenau.

Diharapkan seluruh tahapan evakuasi dari Jeddah ke tanah air berjalan dengan aman dan lancar. Tim evakuasi masih akan terus berkoordinasi ketat, dengan berbagai pihak terkait, seperti Kementerian Luar Negeri, Mabes TNI, kru pesawat B-737 A-7305 dan juga Konjen RI di Jeddah.

Tim evakuasi dipimpin mission commander Kolonel Pnb Noto Casnoto.Tim terdiri dari Kru pesawat, personel Satbravo Kopasgat, Kesehatan, Psikolog, BAIS TNI, Puspen TNI, dan staf Kemenlu.(disp)