KSAL: Suatu Kebanggaan bagi Korps Marinir TNI AL menjadi Tuan Rumah PALS 23

0

Koran Jurnal, Bali – “Suatu kebanggan bagi Korps Marinir TNI Angkatan Laut sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pacific Amphibious Leaders Symposium (PALS) tahun 2023, semoga kegiatan ini mampu meningkatkan kerjasama antar negara2 peserta PALS 23.” Ucap Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. saat memberikan sambutan melalui video pendek di depan para delegasi di Hotel Hilton Bali, Nusa Dua Bali Kabupaten Badung Bali, Selasa (11/07/2023).

Dalam kegiatan PALS 23, KSAL yang diwakilkan Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut atau disingkat Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) meninjau pelaksanaan PALS 23 yang didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Indonesia Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han) bersama Komandan Marine Forces Pacific (Marforpac) Letnan Jenderal William Jurney.

Hari ke 2 kegiatan Pacific Amphibious Leaders Symposium (PALS) tahun 2023 ini kegiatan diawali dengan pembukaan MC dilanjutkan sambutan Kasal, foto bersama dilanjutkan paparan penjelasan Innovation Litoral Operation oleh MGen Scott Winter dari Australia menjelaskan tentang sejarah operasi amfibi yang pernah dilakukan selama perang dunia kedua serta pengerahan pasukan amfibi dalam berbagai jenis operasi.

Usai paparan pertama dilanjutkan penjelasan tentang Role Amphibious Forces to HA Relief oleh Kolonel Marinir Amrul dari Marinir Indonesia membahas mengenai pentingnya operasi amfibi dalam operasi militer perang, terutama dalam penanggulangan bencana alam. Briefing joint personel Center tentang pentingnya pembinaan personel serta memahami peran mereka sesuai dengan eselonisasi jabatan.

Paparan Multilateral Amphibious Lessons learned oleh RADM Randall W. Peck dari US Naval III Fleet membahas tentang interoperability dalam operasi amfibi berdasarkan kapabilitas dari tiap-tiap negara dan diakhiri dengan pertemuan Bilateral meeting antar delegasi.

PALS pada tahun ini akan melibatkan beberapa Negara dari seluruh Indo-Pasifik, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Eropa. Dalam pelaksanaan PALS 23, Korps Marinir TNI Angkatan Laut diakhir kegiatan PALS nanti akan mendemonstrasikan kemampuan Rubber Duck Operation (RDO) dalam HADR Humanitarian Assistance Disaster Relief.(disp)