Salatiga Jadi Tuan Rumah Putaran Ketiga Kejurnas Motocross KSAL Cup 2023 yang Digelar TNI AL

0

Koran Jurnal, Jakarta – TNI AL menggelar Kejuaraan Nasional Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship KSAL Cup 2023, di Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu 21 Juli 2023. Dalam kesempatan ini Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono membuka secara langsung kejuaraan tersebut di Sirkuit Jangkar Kampus Terpadu UIN, Salatiga.

Kejuaraan ini merupakan putaran ke-3 dari 5 seri kejuaraan yang digelar oleh TNI AL. Pada Kasal Cup 2023 putaran ke-1 telah diselenggarakan di Mojokerto Jawa Timur, kemudian ke-2 di Kota Tegal, ke-3 saat ini di Salatiga Jawa Tengah, ke-4 akan diselenggarakan di Gresik Jawa Timur dan terakhir putaran ke-5 di Deli Serdang.

TNI AL senantiasa melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan positif bersama masyarakat. Hal ini semakin meningkatkan dan menguatkan citra institusi matra laut sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat.

“Oleh karena itu, TNI AL bersinergi dengan TNI, Pemerintah Daerah, Ikatan Motor Indonesia dan JC. Supertrack menginisiasi kegiatan kejurnas motorcross yang kita selenggarakan saat ini,” ungkap Wakasal.

Pada putaran ini, sedikitnya 250 atlet muda motocross dari seluruh Indonesia beradu kecepatan di sirkuit balap. Penunjukan Salatiga menjadi tempat diselenggarakannya kejuaraan di putaran ke-3 bukan tanpa alasan, dimana tokoh Pahlawan TNI AL Yos Sudarso merupakan salah satu Perwira yang lahir dari kota ini.

Selain itu juga dengan digelarnya Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023 dapat mewadahi bagi para pecinta olahraga otomotif yang ada di Indonesia, serta menjadi ajang pencarian potensi muda berbakat yang dapat mengukir prestasi di tingkat nasional hingga internasional.

Selain digelarnya Kejurnas Motocross, di kota Salatiga juga diselenggarakan sejumlah kegiatan yang diikuti dan dihadiri oleh masyarakat diantaranya Yos Sudarso Navy Fun Bike, Yos Sudarso Navy Push Bike, Yos Sudarso Navy Fun Run 5 K dan 10 K, Kompetisi Modifikasi Motor, Lomba Mewarnai untuk anak, Navy Fashion Show, Cheff Competition, Senam Bersama, Festival Band, Kids Talent Competition, Bakti Kesehatan serta Donor Darah, pameran sejumlah Alutsista TNI AL, hingga aksi Terjun Payung 14 penerjun TNI AL dari Detasemen Jalamangkara dan Batalyon Intai Amfibi Marinir TNI AL yang semakin memeriahkan acara pembukaan.

Ditempat terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada panitia serta seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Kejurnas tersebut.

“Saya ucapkan selamat bertanding, jadikan kompetisi ini sebagai momen untuk menunjukkan performa kemampuan terbaik anda secara sportif,” tandas KSAL.