Presiden Jokowi Lantik 833 Perwira Remaja TNI Polri di Istana Negara 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah 833 perwira remaja Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) lulusan Akademi (Akmil, AAL, AAU, Akpol) tahun 2023, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (26/07/2023).

Pelantikan para perwira TNI-Polri itu didasarkan pada: Surat Keputusan Presiden Nomor 52/TNI Tahun 2023 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 53/Polri Tahun 2023.

Melansir laman sekretariat kabinet, para perwira TNI yang dilantik berjumlah 565 perwira terdiri dari 357 perwira Akmil, 94 perwira Akademi Angkatan Laut (AAL), 114 perwira Akademi Angkatan Udara (AAU), dan 268 perwira Akademi Kepolisian (Akpol).

Pada pelantikan tersebut para perwira remaja mengucapkan sumpah perwira.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Presiden Jokowi mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

Mengawali sambutannya, Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada seluruh perwira muda TNI dan Polri yang dilantik.

“Saya bangga melantik Saudara-saudari para perwira muda, para kesatria muda, yang berani, percaya diri, dan optimis, yang selalu siap mendedikasikan diri, yang menjadi pemersatu bangsa, serta bekerja dan mengabdi untuk kemajuan bangsa dan negara,” ujar Presiden Jokowi.

Selanjutnya, Presiden mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan TNI dan Polri serta para pendidik, pelatih, dan pengasuh jajaran akademi TNI dan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri atas dedikasinya dalam mendidik para perwira TNI-Polri yang perkasa, pemberani, dan berkarakter.

“Kepada para orang tua yang hadir di sini, saya ikut berbahagia sebagaimana yang Bapak-Ibu semua rasakan. Saya ikut bangga terhadap prestasi putra-putri Bapak-Ibu, mereka bukan hanya kebanggaan Bapak-Ibu sekalian, mereka adalah juga kebanggaan bangsa Indonesia,” cetus Presiden Jokowi.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi. Empat orang peraih Adhi Makayasa tersebut adalah Letnan Dua (Infanteri) Sawung Setiawan dari Akmil, Letnan Dua (Pelaut) Hermawan Burhanudin Tri Putro (AAL), Letnan Dua (Penerbang) Muhammad Galuh Safari Rahmat (AAU), dan Inspektur Polisi Dua Irfan Urane Azis (Akpol).

Turut mendampingi Kepala Negara yaitu Ibu Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden RI KH.Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Mar’uf Amin. Hadir juga, antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko.(*)