TNI AU dan Pemprov DKI Segera Bangun Monumen Pesawat A-4 Skyhawk

0

Koran Jurnal, Jakarta – TNI AU dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, akan segera membangun monumen pesawat A-4 Skyhawk. Rencana pembangunan monumen pesawat tempur TNI AU tersebut, disepakati dalam kegiatan sosialisasi pembangunan monumen pesawat di Seno Park, Tebet, Jakarta Selatan, Jum’at (28/7/2023).

Kesiapan pembangunan monumen pesawat tempur, yang diberi nama “Monumen Swa Bhuana Paksa”, disosialisasikan kepada masyarakat oleh Aslog Koopsud I Kolonel Tek Iman Ghozali S.E., dan dihadiri Wakil Camat Tebet Akhmad Basyarudin. Sementara desain monumen pesawat dipaparkan oleh Mayor Sus Bimo.

Aslog Kas Koopsud I, atas nama TNI AU mengucapkan terimakasih kepada Pemprov DKI Jakarta dan warga masyarakat sekitar Eco Park yang telah mendukung pembangunan monumen.

Dikatakannya, bahwa Pesawat A-4 Skyhawk mulai memperkuat TNI Angkatan Udara pada tahun 1980-an, sebagai pesawat tempur generasi ke-3. Kehadirannya, di Indonesia telah memberikan warna baru dalam perjalanan sejarah TNI AU. Dirinya akan menambah wahana edukasi masyarakat tentang TNI AU.

“Saya yakin dengan adanya monumen Pesawat A-4 Skyhawk di Seno Park ini akan semakin tumbuh minat kedirgantaraan generasi muda khususnya, dan masyarakat pada umumnya,” jelasnya.

Sementara Wakil Camat Tebet Ahmad Basyarudin menyatakan sangat mendukung rencana pembangunan monumen pesawat A-4 Skyhawk di Ceo Park yang berada di wilayah Kecamatan Tebet ini. Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pimpinan TNI AU yang telah menginisiasi pembangunan monument pesawat A-4 Skyhawk.

Pesawat A-4 Skyhawk telah menjaga kedaulatan wilayah udara Indonesia selama puluhan tahun. Jejak pengabdiannya diharapkan dapat menjadi inspirasi sekaligus edukasi bagi generasi penerus bangsa dan semakin menambah rasa cinta dirgantara.

Setelah pelaksanaan sosialisasi, dilanjutkan peninjauan lokasi tempat pembangunan monumen Pesawat A-4 Skyhawk.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasubdis Pespur Kolonel Tek Jarot Sudarwanto, S.E., M.M., Kasubdis Jarah Kolonel Sus Dra. Maylina Saragih, Kasubdis Sarpras Diskonau Kolonel Sus Gardjito Budi, Staf Ahli Bidang Iptek Koopsud I Kolonel Tek Sofyan, dan perwakilan pejabat Pemprov DKI Jakarta.(disp)