Kapoksahli Danpushidrosal Berikan Kuliah Umum di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi 

0

Koran Jurnal, Jawa Timur – Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Suhendro dan Komandan Satuan Survei (Dansatsurvei) Pushidrosal Kolonel Laut (P) B. Dwiadji Gultom memberikan kuliah umum di Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (2/8/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan usai melakukan inspeksi KRI Rigel-933 yg saat ini tengah melaksanakan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-oseanografi (Opssurta Hidros) di perairan Selat Madura, Panarukan, Jawa Timur.

Pada kegiatan ini, Kapoksahli Danpushidrosal dan Dansatsurvei Pushidrosal diterima oleh Wakil Rektor I Dr. Yovita Vivianty Indriadewi Atmadjaja bertempat di ruang seminar Universitas 17 Agustus 1945. Turut hadir dalam perkualiahan tersebut wakil Dekan Fakultas Pertanian dan Perikanan, Kaprodi Ilmu Perikanan, Fakultas Pertanian dan Perikanan, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Biologi serta Mahasiswa Jurusan pertanian dan kelautan serta Biologi.

Materi yang dipaparkan oleh Kapoksahli antara lain pengenalan fungsi Pushidrosal, peran Pushidrosal di kancah nasional maupun internasional, pengelolaan dan pemanfaatan peta laut untuk kepentingan umum dan militer, koordinasi dalam penataan pipa dan kabel laut, hasil Ekspedisi Jalacitra 1 sampai dengan 3 bagi pembangunan nasional maupun ilmu pengetahuan serta pembangunan sumber daya manusia profesi hidro oseanografi baik militer maupun instansi terkait.

Diakhir paparannya kegiatan tersebut dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya jawab, serta ditutup dengan pertukaran plakat dan cinderamata serta penyerahan Peta NKRI diakhiri dengan foto bersama.(disp)