Pushidrosal Terima Kunjungan Siswa Anomalyx Puskodal T.A 2023 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pushidrosal yang diwakili oleh Kadisinfolahta Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Budi Susanto menerima kunjungan siswa Advanced Nautical Operation Monitoring and Analysis Exercise (Anomalyx) Puskodal TNI AL TA 2023, bertempat di Lounge Room Perwira Pushidrosal, Jakarta Utara, Kamis, (10/8/2023).

Kunjungan siswa Anomalyx Puskodal TNI AL 2023 tersebut dipimpin oleh Kapuskodal TNI AL Kolonel Laut (P) Rio Henrymuko didampingi 5 staf Perwira pendamping beserta 25 siswa terdiri dari 20 siswa Anomalyx dan 5 Perwira Remaja dalam masa On Job Training (OJT).

Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadisinfolahta Pushidrosal mengatakan, Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang susunan organisasi Tentara Nasional Indonesia. Pushidrosal merupakan lembaga pemerintah di bawah organisasi TNI Angkatan Laut yang bertugas menyelenggarakan pembinaan hidro-oseanografi yang meliputi survey, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun untuk kepentingan umum serta menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AL.

Posisi geografis Indonesia berada pada posisi silang dimana terletak di antara dua benua dan dua samudera yang merupakan jalur strategis perdagangan dunia Sea Lines of Communication (SLOC) dan Sea Lines of Oil Trade (SLOT). Posisi tersebut membutuhkan data hidrografi dan oseanografi di seluruh perairan NKRI dengan akurat, mutakhir dan terpercaya.

Lebih lanjut, menyikapi pesatnya perkembangan ilmu teknologi digital saat ini, menuntut ketepatan, kecepatan dalam mengakses sistem informasi sebagai bentuk pertahanan laut yang tidak terlepas dari peran data hydro spasial, sebagai contributor utama bagi kekuatan maritim dunia yang terus-menerus akan meningkat dari waktu ke waktu.

Dengan tuntutan tersebut Pushidrosal telah membangun web geoportal Pushidrosal, Indonesia Hydrographic Data Center (IHDC) yang merupakan layanan hidro spatial yang dapat di akses secara langsung sebagai tanggung jawab Pushidrosal dalam menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi, baik kepentingan militer maupun kepentingan publik sebagai data dasar yang akan digunakan sebagai bahan analisis strategi pertahanan serta pembangunan nasional.

Dalam kunjungan tersebut, siswa Anomalyx Puskodal TNI AL menerima paparan dari Kapusdalops Pushidrosal Letkol Laut (P) Buyung Kurniawan sekilas tentang Pushidrosal dan Geoportal Pushidrosal, yang dilanjutkan diskusi dan Tanya jawab.

Dalam kesempatan tersebut siswa Anomalyx Puskodal TNI AL diajak berkunjung ke satuan kerja di lingkungan Pushidrosal yang berkaitan langsung dengan hidrografi dan pemetaan diantaranya Puskodalops, Dinas Pemetaan, Dinas Produksi dan Distribusi serta Dinas Hidrografi diakhiri dengan foto bersama.

Hadir dalam tersebut antara lain Kadisminpers Pushidrosal, Pabanlat Sopssurta Pushidrosal, Kasatkomlek Pushidrosal, serta Kapusdalops Pushidrosal.(disp)