Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Koopsud I Gelar Lomba Cross Country 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78, Komando Operasi Udara I (Koopsud I) menggelar perlombaan Cross Country T.A 2023 yang digelar di seputaran Makoopsud I. Dihadiri oleh Para Asisten, Para Sahli, Kepala Satuan Kerja, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Koopsud I.

Sebelum memulai kegiatan Cross Country, Panglima Komando Operasi Udara I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., membuka secara resmi pelaksanaan perlombaan kegiatan Cross Country di Makoopsud I dengan mengibarkan bendera tanda dimulainya kegiatan Cross Country. Bertempat di Gerbang Masuk Utama Pos Ayodya I Makoopsud I, Jum’at (11/08/2023).

Dalam kesempatan tersebut Pangkoopsud I menyampaikan bahwa, “Pelaksanaan kegiatan perlombaan Cross Country ini dilaksanakan dalam rangka pererat silahturahmi keluarga besar personel Markas Komando Operasi udara I serta mensyukuri nikmat yang telah diberikan dan dirasakan selama tahun 78 kemerdekaan RI secara umum” ujar Alumni AAU ’93.

“Semangat kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 kita salurkan dalam lomba Cross Country ini” tegas Pangkoopsud I lebih lanjut.

Dalam perlombaan Cross Country tersebut dibagi menjadi 5 Tim yang beranggotakan masing-masing perwakilan dari Satuan Kerja yang ada di Makoopsud I.

Dalam pelaksanaannya, dimulai dari (Pos I) dengan melaksanakan lari memanggul senjata secara berkelompok. Kemudian menuju Pos II dengan melaksanakan 5 M (menghilang, merayap, mengguling, membidik dan menembak). Dilanjutkan ke Pos III yaitu mengatasi rintangan dengan memindahkan ban tractor. Lalu menuju pos IV melaksanakan tantangan beregu dengan merayap dibawah rekan 1 tim secara bergantian dan estafet sampai semua melaksanakan gerakan merayap. Dan tujuan terakhir di Pos V melaksanakan evakuasi korban yang mengalami cidera akibat pendadakan dengan tantangan hanya disediakan dua bambu sebagai kerangka tandu.

Selain kegiatan Cross Country bersamaan dengan itu digelar juga perlombaan foto kegiatan Cross Country terbaik.

Dalam kegiatan Cross Country tersebut didapati Juara 1 dari Tim Gabungan Satkomlek, Kesehatan, Staf Perencanaan dan Staf Hukum. Juara 2 dari Tim Gabungan Staf Komlek, Bintalid, Denintel, dan Infolahta. Juara 3 dari Tim Gabungan Staf Penerangan, Mapom, Penerangan dan Lambangja.

Untuk lomba fotografi, Juara 1 Sertu Tanjung dari Mapom, Juara 2 Serda Sandi dari Mapom dan Juara 3 Letkol Pnb Mulyono dari Staf Perencanaan.(pen)