TNI AU Sebut Sepuluh Pesawat F-16 Siap Beraksi di Langit Jakarta pada HUT Kemerdekaan RI ke-78

0

Koran Jurnal, Jakarta – Sebanyak sepuluh pesawat tempur jenis F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi Madiun mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jum’at (11/8/2023).

Kedatangan elang-elang besi kebanggaan bangsa Indonesia di Ibukota Negara, dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 Republik Indonesia yang akan dipusatkan di Istana Negara.

Kedatangan sepuluh F-16 terbagi dalam tiga flight, yakni Garuda flight, Eagle flight dan Dragon flight. Garuda flight terdiri dari dua pesawat yang diawaki oleh Danskadron Udara 3 Letkol Pnb Pandu “Hornet” Eka Prayoga dan Danskadron Udara 14 Mayor Pnb Anwar “Weasel” Sovie. Sebelum mendarat di Lanud Halim, Garuda flight melaksanakan cek route yang akan dilintasi saat flypast nantinya.

Sementara Dragon flight terdiri dari empat pesawat dari Skadron Udara 3, sedangkan Eagle flight terdiri dari empat pesawat dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Madiun.

Saat demo udara nantinya, flight burung-burung besi F-16 TNI AU yang semua sudah diupgrade dengan sistem avionik dan senjata udara modern ini akan melaksanakan flypast dan terbang formasi di atas Istana Negara. Saat flypast yang terbagi dalam dua flight membentuk formasi diamond dan bomb burst tepat di atas Istana Negara dan Monumen Nasional, hal yang sejak beberapa tahun terakhir seolah menjadi tradisi yang sangat dinantikan oleh para tamu undangan dan ratusan ribuan penggemar fotografi kedirgantaraan disekitar area Monumen Nasional dan Jakarta Raya.

Tampak hadir menyambut kedatangan pesawat F-16 di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, sejumlah pejabat TNI AU, antara lain Pangkoopsudnas Marsdya TNI M.Toni Hardjono, S.E., M.M., Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, Kas Koopsud I Marsma TNI Daan Sulfi, Asops Koopsudnas Marsma TNI KasTNI Ian Fuady dan Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Adrian P. Damanik.(disp)