Tim Ekspedisi Maritim TNI AL Bakti Sosial dan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Banjarmasin Kalsel 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Memasuki etape kelima Tim Rute Putih yang tergabung dalam Ekspedisi Maritim TNI Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dan Ziarah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (07/09). Tim Putih Ekspedisi Maritim tiba di Banjarmasin menggunakan jalur laut dengan menggunakan KRI Layang-635 dibawah pimpinan Letkol Laut (P) Eko Darmawan.

Kedatangan Tim Putih Ekspedisi Maritim disambut oleh Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan dan Forkopimda Banjarmasin yang selanjutnya bersama sama menuju TMP Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry di Liang Anggang, Banjarbaru, Kota Banjarmasin sekaligus melaksanakan tabur bunga di makam pendiri Batalyon ALRI Devisi IV di Kalimantan Selatan tersebut, bersama dengan forkopimda yang dipimpin oleh Staf Ahli Bidang Pertahanan Hukum dan Politik, Bapak Sulkan S.H., M.H. mewakili Gubernur Kalimantan Selatan.

Rombongan dilepas oleh Bapak Sulkan S.H., M.H. menuju monumen proklamasi 17 Mei 1949 yang berada di desa Mandapai Batu Bini, Kab. Hulu Sungai Selatan untuk melaksanakan Bakti Sosial antara lain donor darah, khitanan massal dan pemberian sembako kepada anak yatim dan masyarakat sekitar. Setibanya di desa Mandapai, rombongan di sambut oleh tarian Kipang dan pembacaan sejarah singkat ALRI Divisi IV.

Sebelumnya Tim Putih Ekspedisi Maritim telah berhasil menempuh 4 etapenya melalui jalur darat dan berhasil sampai ke Pangkalan Bun dan di lanjutkan oleh Lanal Banjarmasin dengan jalur laut dan darat. Tim Putih sendiri langsung meneruskan etape selanjutnya menuju Kandangan yang nantinya akan diterima oleh Lanal Kota Baru.

Turut hadir pula Danlanal Banjarmasin Kolonel laut Agus setyawan S.H., Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP., Dandim 1003/HSS letkol inf Bayu Oktavianto Sudibyo S.E, M.I.P., Kapolres Kab. HSS AKBP Leo Marthen Pasaribu SIK, Seketaris Daerah HSS Muhammad Noor S.Ap.M, Camat padang batung Heri Otomo S. STP. MSi, Ketua IOF Cab. Kalsel Bpk Haryadi

Selaras dengan pelaksanaan kegiatan tersebut, pada kesempatan terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali telah menegaskan bahwa dimanapun prajurit TNI AL berada harus dapat memberikan manfaat pada masyarakat, dalam hal ini masyarakat di wilayah-wilayah yang dilalui ekspedisi maritim.(disp)