Jenderal Purnawirawan Hendropriyono dan Selebriti Cinta Laura Tak Menyangka Dapat Nawacita Awards 2023

0

Koran Jurnal, Jakarta – Jenderal Purnawirawan TNI A.M Hendropriyono dan selebriti Cinta Laura mengaku terkejut saat menerima penghargaan Nawacita Awards 2023, yang diselenggarakan oleh Media Nawacita Indonesia (MNI), di Gedung The Tribrata, Jakarta Selatan, Jum’at malam (8/9/2023).

“Luar biasa untuk saya, saya tidak ngerti sampai dapat penghargaan (Nawacita Awards) yang segini besar. Saya kira yang saya abdikan untuk bangsa dan negara di pertahanan keamanan belum seberapa,” ujar Jenderal (Purn) A.M Hendropriyono usai menerima penghargaan Nawacita Awards 2023 kategori pertahanan dan keamanan NKRI yang diserahkan langsung oleh Pembina Media Nawacita Indonesia, Yassona Laoly.

Hendropriyono, yang juga mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini juga mengungkapkan, award yang diterima akan menambah daya emosinalnya untuk terus mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Award ini akan menjadi pemicu untuk saya semakin mengabdi lebih jauh lagi dalam usia saya yang sudah sangat senja, hampir 80 tahun,” ucap Hendropriyono.

Pengakuan serupa disampaikan selebriti Cinta Laura, penerima Nawacita Awards 2023 kategori Khusus Inspirator Milenial.

“Saya merasa benar-benar terhormat, dan tidak menyangka saya bisa memenangkan sebuah award yang juga dimenangkan oleh banyak sekali orang-orang hebat yang sudah punya jauh banyak pengalaman daripada saya dan lebih jauh banyak memberikan buat negara ini,” ujar Cinta Laura.

Seperti diketahui, pemberian award tersebut merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para tokoh nasional dan figur anak bangsa yang dinilai berdedikasi dan mengimplementasikan program Nawacita Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Pemberian award itupun telah melalui proses penjurian secara ketat. Disebutkan sekitar ratusan nominasi award dari tokoh nasional hingga publik figur dipilih dan kemudian dinilai oleh dewan juri.

“Untuk memberikan penghargaan atau apresiasi atas keberhasilan yang sudah mereka lakukan berdasarkan 9 program utama pembangunan Pak Jokowi,” kata Ketua Panitia Nawacita Awards 2023 Beesokhi Ndruru, di Jakarta, Kamis (24/8/2023) lalu.

Adapun dewan juri Nawacita Awards 2023 tersebut antara lain Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej), Jawa Timur Prof Bayu Dwi Anggono; Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Sarman Simanjorang; dan Agustus Gea.

Berikut hasil penjurian dari setiap kategori dan nama-nama yang berhak mendapatkan Nawacita Awards 2023:

– Kategori Pertahanan dan Keamanan: Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono

– Kategori Penguatan Kebhinekaan Indonesia: Nasaruddin Umar

– Kategori Pendidikan Karakter Bangsa: Jenderal TNI (Purn) Moeldoko

– Kategori Pejuang Demokrasi: Hermus Indou

– Kategori Penegakan Hukum: ST Burhanuddin

– Kategori Kemandirian Ekonomi Nasional: Nicke Widyawati

– Kategori Infrastruktur, Industri dan Transportasi: Rusdi Kirana

– Kategori Kesejahteraan Rakyat: dr. Lie Agustinus Dharmawan

– Kategori Pembangunan Daerah: Ery Cahyadi

– Kategori Khusus Inspirator Milenial: Cinta Laura