TNI AL dan US Navy Berkomitmen Jaga Stabilitas Keamanan dan Perdamaian di Kawasan Indo-Pasifik

0

Koran Jurnal, Jakarta – Dalam rangka menghadiri kegiatan International Seapower Symposium / ISS-25 yang diselenggarakan mulai tanggal 19 – 22 September 2023, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali berkesempatan melaksanakan beberapa pertemuan bilateral dengan Counterpart Angkatan Laut dari Amerika Serikat.

Salah satu pertemuan bilateral yang dilaksanakan Kasal adalah dengan US Pacific Fleet Commander, Admiral Samuel J Paparo, yang berlangsung di ruang bilateral meeting, Newport Harbor Island Resort, Rhode Island, Amerika Serikat, Selasa (19/9/2023).

Pada pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas kembali tentang kegiatan-kegiatan kerjasama bidang latihan yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2023. Kedua Pimpinan AL ini memiliki kesepahaman tentang pentingnya peningkatan hubungan antara personel militer kedua belah pihak.

Angkatan Laut kedua negara telah menjalin hubungan baik dalam beberapa latihan maupun kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan sejauh ini, antara lain kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK), Super Garuda Shield (SGS) dan Pacific Amphibious Leaders Symposium (PALS) serta kegiatan Port Visit yang dilakukan oleh unsur-unsur Angkatan Laut Amerika di beberapa tempat di Indonesia.

Hal ini sangat berpengaruh pada peningkatan sikap saling memahami dan saling percaya terutama dalam mewujudkan kemitraan strategis kedua belah pihak, untuk menjamin keamanan dan stabilitas di Kawasan Indo-Pasifik.

Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan TNI AL akan menyiapkan salah satu unsurnya untuk terlibat pada latihan Rim of the Pacific (RIMPAC) 2024 yang akan berlangsung di Hawaii, serta rencana kegiatan Muhibah KRI Bima Suci di Kawasan Pantai Timur (East Coast) Amerika Serikat pada tahun 2026.

Selain itu, Kasal juga menyampaikan ucapan selamat atas ditunjuknya ADM Paparo sebagai US Indo-Pacom Commander, menggantikan ADM Aquilino. Kasal berharap, dengan penunjukan tersebut, ADM Paparo dapat lebih berperan aktif dalam meningkatkan kerjasama militer antara Indonesia dan Amerika Serikat, khususnya dalam upaya menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan.

Kasal berharap dengan terselenggaranya pertemuan bilateral ini sebagai refleksi komitmen nyata TNI AL dalam menjaga dan meningkatkan hubungan persahabatan dan kerjasama secara profesional antara TNI AL dengan negara-negara sahabat.(disp)