Wadan Pushidros TNI AL Membuka Stakeholder Meeting HSWG ke-5

0

Koran Jurnal, Lombok – Wakil Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Wadanpushidrosal) Laksamana Muda TNI Budi Purwanto membuka Stakeholder Meeting terkait kelompok kerja Satellite Derived Bathhymetry Project Team (SDBPT) dalam Pertemuan hari ketiga the 5th Meeting of Hydrographic Surveys Working Group (HSWG) bertempat di Malimbu Meeting Room Aruna Senggigi Hotel, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu (4/10/2023).

Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutannya yang dibacakan Wadanpushidrosal mengatakan, Pushidrosal sebagai badan hidrografi nasional memfasilitasi sesi industri bersama rapat kelompok kerja survei hidrografi di Lombok dengan rapat mengundang perwakilan stakeholder industri di indonesia dan dimaksudkan untuk memberikan paparan antara bidang HSWG International Hydrographic Organization (IHO) dan industri dalam negeri.

Salah satu kelompok kerja penting IHO adalah kelompok kerja survei hidrografi (HSWG) dengan tujuan utama HSWG adalah untuk mempertahankan dan mempromosikan standar survei hidrografi, identifikasi teknologi dan metodologi baru, dan sebagai focal point dengan pemangku kepentingan industri. motivasi samping event ini adalah untuk melaksanakan mandat terakhir HSWG, dan Pushidrosal ingin dapat menyediakan forum interaksi untuk berbahas antara pemerintah, industri dan juga akademia terkait tantangan dan peluang hidrografi nasional dan internasional.

Dalam kegiatan tersebut Pushidrosal mengirimkan perwakilan stafnya untuk hadir dan berkontribusi dalam rapat IHO, termasuk kelompok kerja survei hidrografi yang wajib mempertahankan dan memperbarui standar survei hidrografi dan manual survei hidrografi. setiap pembaruan terhadap standar dan manual di bawah HSWG akan diseminasikan kepada pemangku kepentingan maritim terkait termasuk industri, karena itu survei hidrografi yang dilakukan di perairan indonesia akan distandarkan untuk menjamin kualitas data dan jaminan pengolahan.

Kemajuan dalam seluruh kegiatan maritim, yang biasanya sangat penting dalam perekonomian nasional. diperlukan untuk menciptakan jasa hidrografi, layanan hidrografi melalui pengumpulan data sistematis yang dilakukan di pantai dan di laut, menghasilkan dan menyebarkan informasi dalam mendukung keselamatan navigasi maritim dan pelestarian, pertahanan dan eksploitasi lingkungan laut.

Pushidrosal sebagai anggota tim nasional batimetri dan lembaga kliring data batimetri nasional telah mengumpulkan data batimetri di perairan indonesia dari akuisisi pushidrosal atau dari lembaga nasional lainnya. berdasarkan laporan terbaru, kurangnya hanya 28% air indonesia yang telah survey secara metodis menggunakan teknologi modern. berarti 70% wilayah belum pernah survei, belum dieksplorasi dan dieksploitasi potensi minyak dan gas atau energi hidrokarbon lainnya.

Menurut menteri energi dan sumber daya alam nomor 32 tahun 2021 tentang pemeriksaan teknis dan peninjauan keselamatan dan peralatan kegiatan minyak dan gas, izin kelayakan operasional diperlukan penetapan wilayah terbatas dan dilarang dalam grafik bahari yang diterbitkan oleh pushidrosal sebagai nasional lembaga hidrografi.

Pushidrosal sebagai otoritas hidrografi di indonesia dan pemegang otoritas resmi produksi bahari telah berkomitmen untuk mendukung percepatan penetapan kawasan terbatas dan terlarang pada grafik bahari untuk mendukung upaya nasional eksplorasi dan eksploitasi industri minyak dan gas. Pushidrosal akan memastikan akuisisi data survei hidrografi di industri minyak dan gas sesuai standar yang diberikan IHO khusus S-44 (standar untuk survey hidrografi) dan C-13 (manual tentang hidrografi).

Hadir dalam acara tersebut, David Parker sebagai ketua kelompok kerja survei hidrografi, perwakilan produsen minyak dan gas internasional, ketua asosiasi kontraktor survei kelautan Indonesia, serta Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin, dan Kadishidro Pushidrosal Kolonel Laut (P) Agus Triyana sebagai perwakilan Pushidrosal dari delegasi Indonesia.(disp)