Membanggakan…Prajurit TNI AL Berhasil Raih Terbaik 1 Pada Awarding IdenTIK Kemenkominfo

0

Koran Jurnal, Jakarta – Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan oleh para prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang tergabung dalam Tim Antasena Project, dimana berhasil meraih terbaik 1 kategori Digital Innovation pada Awarding Indonesia Enterpreneur TIK (IdenTIK) yaitu merancang suatu aplikasi berbasis Artificial Intelligence yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo RI, Selasa (03/10/2023).

Tim Antasena Project yang terdiri dari Letda Laut (E/W) Fitria Dwi Ratnasari dari Koarmada II, Letda Laut (E) Gilang Pratama Bahari dari Koarmada II, Pelda Mes Dwi dari STTAL dan Klk Eta Popy Indra Wiryanto dari STTAL ini membuat suatu aplikasi yang diberi nama ANTASENA dan berhasil mengalahkan 65 peserta lainnya dari seluruh Indonesia.

Sekilas mengenai aplikasi Antasena yang dirancang oleh tim, merupakan sistem Pengawasan Laut berupa Prototype Decision Support System berbasis AI. Salah satu sumber data yang digunakan adalah teknologi Automatic Identification System (AIS) secara real-time yang terintegrasi dengan sistem pemantauan satelit dan sensor di laut.

AIS memungkinkan pengguna untuk memantau keberadaan kapal, posisi, kecepatan, dan arah gerakan kapal serta data teknis kapal. Dengan sumber data tersebut, dapat dihasilkan smart dashboard berbasis AI sebagai sistem pengawasan laut. Terdiri dari 3 objektif yaitu membuat data generator, membuat batas area & anomaly detection, dan menghitung jarak tempuh kapal. Selain itu, Antasena mempunyai fitur tambahan berupa monitoring area konservasi.

Sejalan dengan tema kegiatan seleksi ini “Collaborate Grow to Stronger Road to ASEAN Digital Awards Thailand 2024”, Tim ini selanjutnya akan diikutkan dalam lomba ASEAN Digital Awards 2024 di Thailand untuk level Asia Tenggara. Kegiatan seleksi nasional produk IdenTIK 2023 diharapkan dapat menjadi salah satu pendukung dan pendorong, sekaligus solusi dalam memasuki era 4.0.

Keberhasilan Tim Antasena Project meraih hasil maksimal pada kegiatan seleksi nasional produk IdenTIK 2023 ini sejalan dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Angkatan Laut yang berkualitas, profesional, dan tangguh.(disp)