Atlet Kempo Indonesia Raih Juara Umum II Kejuaraan Dunia Shorinji Kempo di Jepang

0

Koran Jurnal, Jepang – Atlet Kempo Indonesia meraih juara umum ke-2 dalam kejuaraan dunia Shorinji Kempo di Jepang, dalam kejuaraan “2023 World Taikai”. Bertempat di gedung Budokan Tokyo Jepang, Minggu (8/10/2023).

Kejuaraan ini dihadiri oleh 41 negara termasuk tuan rumah Jepang dan satu Region (Hongkong). Jepang sebagai tuan rumah hadir dengan kekuatan penuh dimana pada 7 Oktober 2023, melaksanakan babak kualifikasi internal dalam rangka persiapan final.

Jumlah atlit Indonesia yg datang ke Jepang 153 kenshi yang sebagian akan ikut ujian kenaikan Tingkat (Dan-grading) di Honbu Tadotso provinsi Kagawa, mulai tanggal 9-14 Oktober 2023.

Hadir pada kejuaaraan dunia ini pendiri Shorinji Kempo Indonesia, Sensei Drs Indra Kartasasmita. Dari 36 nomor pertandingan World Taikai, Indonesia menghadirkan 71 atlit dr provinsi Jabar, DKI, Kaltim dan NTT dan mengikuti 19 nomor pertandingan.

Hasil kejuaraan dunia sebagai berikut, Atlit Kempo Indonesia menorehkan prestasi gemilang dengan menduduki juara kedua setelah tuan rumah Jepang. Medali yang didapat Indonesia terdiri dari 4 emas, 4 perak dan 5 Perunggu. Bahkan ada satu nomor pertandingan yg semua medali di sapu bersih oleh kenshi Indonesia.

Medali-medali yg didapat atlet Indonesia antara lain, peraih emas yaitu Farel Totomone dan Aristo Naben (Embu pasangan putra kyu kenshi), Yustino Elmaser dan Dionisius Ramli (Embu pasangan 2 Dan), Aviva Amelia Iskandar dan Dinda Rizky Amelia (Embu pasangan putri kyu kenshi), dan Putra gadang mulia gusti (Embu solo kyu kenshi)

Sedangkan untuk peraih medali perak yaitu, Dewinda F. Pinis & Romana Kenshi Balla (Embu pasangan putri kyu kenshi), Ingki D. Pinis & Fitri Radja Huki (Embu pasangan I-Dan), Nur Indah Ekayati & Yulia sari (Embu pasangan putri 2-dan).

Kemudian untuk peraih medali Perunggu yaitu, Nur Indah Rkayati & Yulia Sari (Embu pasangan putri 2-Dan), Varel Kuhurima (Embu solo kyu-I), Revi Pratama Syam dan Erik Syahputra, Didi Rahim Ramadhan dan Muh. Faturrahman (Embu pasangan Putra Kyu Kenshi), Hafsa & Randi (pasangan Campuran 3-Dan), Larasaati Sandradevi & Renasto Prastiwi (Embu putri Kyu Kenshi).

Adapun prestasi lain yang didapat Atlit Kempo Indonesia dengan perolehan peringkat 4 dibawah Jepang yaitu, Danieta Belavania (Embu solo Yudansha), Fernando A Balla (Embu solo yudansha), Beregu (Aristo Naben, Fetria Delviyanti Rajahuki, Gaverin N.F Radewila, Ferel Kuhurima, Danieta Belavania, Mario Moniz Bere). Selanjutnya untuk yang memperoleh peringkat-5 yaitu Mario M Bere.

Diakhir turnamen berdasarkan komunikasi dan koordinasi yang baik antara Ketum PB Perkemi, Laksdya TNI (Purn) Agus Setiadji dengan Presiden World Shorinji Kempo Organization (WSKO), Mr. Kouma So Sensei, WSKO akan mengijinkan Indonesia untuk menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Kempo antar mahasiswa pada tahun 2025.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PB Perkemi mengapresiasi seluruh Atlit Kempo Indonesia, “Saya sangat bangga dengan raihan para Atlit Kempo Indonesia atas capaiannya sebagai Juara umum ke-2 setelah Jepang di Kejuaraan Dunia Kempo World Taikai 2023. Hal tersebut sudah mengharumkan nama baik Negara Indonesia di dunia internasional khususnya dalam bidang Olahraga Kempo” jelas Laksdya TNI (Purn) Agus Setiadji.(*)