Puluhan Ribu Penonton Padati Grand Final Kejurnas JC Supertrack KSAL Cup 2023

0

Koran Jurnal, Deli Serdang – Antusiasme Masyarakat terbukti dengan hadirnya puluhan ribu penonton yang memadati Grand Final Kejuaraan Nasional JC Supertrack Kasal Cup Tahun 2023 hari terakhir yang digelar oleh TNI Angkatan Laut (TNI AL) bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI), bertempat di Jaharun Circuit, Galang, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (15/10/2023).

Kejuaraan ini merupakan putaran terakhir dari 5 seri kejuaraan yang digelar oleh TNI AL. Sebelumnya Kejuaraan Nasional Grasstrack telah digelar disejumlah kota, dimana putaran ke-1 telah diselenggarakan di Mojokerto, Jawa Timur, kemudian ke-2 di Kota Tegal, ke-3 di Salatiga, Jawa Tengah dan ke-4 diselenggarakan di Gresik, Jawa Timur.

Putaran Grand Final yang diikuti oleh 259 starter ini, dihadiri langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali untuk menutup Kejurnas KSAL Cup 2023, sekaligus berkesempatan memberikan tropi dan penghargaan kepada para pemenang yang telah mengikuti  Kejurnas selama ini.

Dalam sambutannya KSAL menyampaikan bahwa kerjurnas merupakan upaya positif TNI AL dalam rangka memperat hubungan antara TNI AL, masyarakat dan pemerintah daerah. “Event ini merupakan upaya positif TNI AL guna memperkuat hubungan emosional baik dengan masyarakat maupun pemerintah daerah,” ujar KSAL.

“Kejurnas Junior ini juga memiliki peran penting dalam menumbuh kembangkan olah raga motocross sekaligus menjadi tontonan dan hiburan bagi masyarakat. Melalui kompetisi yang berkualitas para pembalap dapat mengasah kemampuan sehingga mampu untuk berkompetisi pada kejuaran tingkat nasional bahkan internasional,” ungkap KSAL lebih lanjut.

Dengan digelarnya ajang ini, menjadi salah satu pola pembinaan generasi muda Indonesia oleh TNI AL, selain itu juga Kejurnas tersebut memiliki dampak positif serta manfaat dimana satu diantaranya dapat menstimulus tumbuh kembangnya ekonomi kreatif serta UMKM bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Sebelum putaran final dimulai, dilaksanakan berbagai atraksi dan demonstrasi seperti Tarian Nusantara dari Mahasiswa-Mahasiswi Medan, Atraksi beladiri militer dari prajurit Korps Marinir TNI AL, Demonstrasi terjun payung yang dilaksanakan oleh 18 peterjun dari satuan pasukan khusus TNI AL yaitu Denjaka, Taifib dan Kopaska dimana salah satu peterjunnya adalah seorang wanita yaitu Sertu Pdk/W Poppi Tri Anggriani dari Puskopaska.

Pada Kejurnas ini didapatkan beberapa pemenang antara lain Juara Nasional Motorcross 50 CC (MX 50) adalah Elliot Roland King, Juara Nasional Motocross 65 CC Pro (MX 65 Pro) adalah Djanoko Mahisa Ariwibowo, Juara Nasional Motocross 85 CC (MX 85) adalah Muhamad Athar Alghifari (Motor Matic),Juara Nasional Motorcross 125CC (MX 125, M Arsenio Alghifari.

Selanjutnya Juara Nasional Motorcross 250 CC (MX 2) adalah I Gusti Ngurah Diva Asmanaya, Juara Nasional Motorcross 450 CC (MX 1) adalah Hilman Maksum, Juara Umum Kejurnas Kasal Cup JC Supertrack 2023 GTX Pemula adalah Muhamad Rubin Caesar dan Juara Umum Nasional KSAL Cup JC Supertrack 2023-GTX Pro adalah Lantian Juan, dimana pada kategori ini Kasal memberikan langsung tropi dan hadiah berupa 1 unit rumah.(disp)