KSAU Resmikan Monumen Pesawat A4 Skyhawk Swa Bhuwana Paksa di Taman Seno, Kawasan Tebet Eco Park

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) meresmikan Monumen Pesawat A4 Skyhawk Swa Bhuwana Paksa di Taman Seno, Kawasan Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2023).

Peresmian itu turut dihadiri oleh Panglima Komando Operasi Udara I (Pangkoopsud I) Marsda TNI Bambang Gunarto, Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Adrian P. Damanik, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono, Walikota Jakarta Selatan, Munjirin, pejabat utama Kodam Jaya, PJU Polda Metro Jaya, dan pejabat perangkat wilayah setempat. Serta dihadiri mantan penerbang dan kru teknik pesawat tempur latih A-4 Skyhawk.

Dalam sambutannya, KSAU Marsekal Fadjar menyampaikan sekilas latar belakang dan juga mengungkapkan rasa bangga menjadi bagian dari sejarah pengabdian Pesawat A4 Skyhawk di Tanah Air.

“Dengan latar belakang pengalaman dan pengabdian saya sebagai penerbang A-4 Skyhawk, tentunya saya juga merasa bangga dan bersyukur karena pada acara peresmian ini dihadiri senior dan sesepuh penerbang dan awak pesawat A-4 Skyhawk di zamannya,” ujar Marsekal Fadjar.

“Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim, pada hari ini Selasa, 24 Oktober 2023 pukul 09.50 WIB, Monumen Pesawat A-4 Skyhawk dengan ini saya nyatakan diresmikan,” ucap Marsekal Fadjar menutup sambutannya.

Rangkaian acara peresmian dilanjutkan dengan penekanan tombol bersama dengan pejabat Pemprov DKI Jakarta dan penandatanganan prasasti oleh KSAU.

KSAU menambahkan, tujuan dibangunnya monumen tersebut yaitu, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang termaktub pada pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 melalui edukasi Monumen Swa Bhuwana Paksa.

“Selain itu untuk menumbuhkembangkan minat kedirgantaraan, mengabadikan sejarah elang biru TNI AU era ’80 khususnya mengenai sejarah pesawat tempur TNI AU A-4 Skyhawk sejak tahun 1980 yang selalu siap siaga dalam menjaga kedaulatan wilayah udara NKRI,” imbuh KSAU.

Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta yang diwakili oleh Sekda Provinsi DKI Jakarta menyampaikan ucapan terima kasih atas pembangunan monumen pesawat A4 Skyhawk di Taman Seno, Tebet Barat, Jakarta Selatan.

“Terima kasih kepada TNI Angkatan Udara atas berdirinya monumen pesawat yang ikonik tersebut, sehingga bisa menambah keindahan di wilayah Taman Tebet ini,” ujar Joko Agus Setyono.

Ditempat sama, Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Agung Sasongkojati mengatakan, monumen pesawat ini pertama kalinya dibangun di dekat pemukiman penduduk. Monumen yang diberi nama ‘Swa Bhuwana Paksa’ ini, lanjut Kadispenau, diartikan secara literal sebagai “Sayap Pelindung Tanah Air. Monumen itu diharapkan dapat menjadi pelajaran sejarah bagi generasi muda dan masyarakat sekitar.

“Dengan lokasi monumen yang saya nilai sangat strategis, kami berharap masyarakat Indonesia dapat mengenal lebih dekat tentang sejarah kemajuan pesawat A-4 Skyhawk sebagai kekuatan inti TNI AU di Pangkalan Udara (Lanud) Iswahjudi, Lanud Sultan Hasanuddin, dan Lanud Roesmin Nurjadin. Lebih dari itu, kisah dan sejarah pengabdian punggawa A-4 Skyhawk patut menjadi role model bagi generasi muda Angkatan Udara untuk senantiasa bekerja tanpa pamrih dalam setiap pengabdian dan pelaksanaan tugasnya demi tegaknya kedaulatan negara di udara,” papar Kadispenau kepada media.

Pesawat A-4 Skyhawk merupakan pesawat tempur TNI AU yang beroperasi selama kurang lebih 24 tahun. Pesawat ini turut berperan dalam sejumlah operasi penting, di antaranya Operasi Sriti Samber (November 1987), Operasi Seroja (1980–1999), Operasi Oscar (1991–1992), Operasi Rencong Terbang (1991–1995), Operasi Halau, Operasi Badar, Operasi Jalak Sakti, dan Operasi Sikatan Daya. Pesawat tempur latih itu juga menjalani serangkaian latihan, yaitu Latihan Elang Seberang bersama Angkatan Udara Selandia Baru, Latihan Elang Ausindo, Elang Thainesia, Elang Malindo, dan Elang Indopura.

Untuk diketahui bahwa berdirinya monumen tersebut bermula dari inisiasi KSAU untuk mendirikan monumen Swa Bhuwana Paksa yang terpasang ikon pesawat A-4 Skyhawk di area Taman Tebet Barat, Jakarta Selatan. Selanjutnya petunjuk Kasau tersebut ditindaklanjuti oleh Kadisaeroau dengan menyiapkan pesawat A-4 Skyhawk dari Lanud Sultan Hasanuddin (Makassar) ke Lanud Halim Perdanakusuma (Jakarta). Kemudian setelah itu Pangkoops Udara I bersurat resmi dan menindaklanjutinya kepada Pj. Gubernur DKI Jakarta untuk melaksanakan pembangunan monumen A-4 Skyhawk di Taman Tebet Barat, Jakarta Selatan.

Pembangunan monumen tersebut dilaksanakan sejak bulan April hingga Oktober 2023 oleh Dinas Konstruksi Angkatan Udara (Diskonsau). Sedangkan untuk pembangunan lainnya berupa pagar, taman, pohon, selokan, lantai dan lain-lain dilaksanakan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta.(*)