Jabatan Komandan Lanud SMH, MUS dan SKI Jajaran Koopsud I Diserahterimakan

0

Koran Jurnal, Jakarta – Jabatan Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), Komandan Lanud Maimun Saleh (MUS) dan Komandan Lanud Sugiri Sukani (SKI) diserah terimakan dalam upacara Sertijab yang dipimpin langsung oleh Panglima Komando Operasi Udara I (Pangkoopsud I) Marsda TNI Mohammad Nurdin, yang berlangsung di GOR Antarikshe Makoops Udara I, Kamis (14/12/2023).

Serah terima jabatan Komandan Lanud SMH dan MUS dilaksanakana berdasarkan Keputusan Kasau nomor Kep/34-PKS/XI/2023 tanggal 20 November 2023, dan Komandan Lanud SKI berdasarkan Keputusan Kasau nomor Kep/33-PKS/XI/2023 tanggal 10 November 2023, tentang Pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI Angkatan Udara, ditandai dengan penanda tanganan Pakta Integritas, pengambilan sumpah jabatan, penanggalan dan penyematan tanda jabatan oleh Pangkoopsud I.

Tiga Jabatan Komandan Lanud yang berada dibawah pembinaan Koopsud I tersebut yaitu Komandan Lanud SMH, dari pejabat lama Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo, M.M.O.A.S., kepada penggantinya Kolonel Pnb Rizaldi Efranza, S.T., S.M.N.S., Komandan Lanud MUS, dari pejabat lama Letkol Pnb Fahrur Rozi, S.T., M.I.Pol. diserahkan kepada Letkol Pnb Irdhian Krisnayogi, S.A.P., sedangkan Komandan Lanud SKI dari Letkol Pnb Supardo Butarbutar, M.Han. kepada penggantinya Mayor Pnb Fariana Dewi Djakaria Putri.

Usai terlaksananya prosesi sertijab Danlanud SMH, MUS dan SKI, dan di tempat yang sama, acara dilanjutkan dengan Serah terima jabatan Ketua PIA Ardhya Garini D.I Cabang 10 Lanud Raja Sri Mulyono Herlambang, Cabang 15 Lanud Maimun Saleh, dan Cabang 6 Lanud Sugiri Sukani yang dipimpin Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Koopsud I Ny. Erin Mohammad Nurdin.

Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 10 Lanud SMH diserahterimakan dari pejabat lama Ny. Monika Sigit Gatot Prasetyo kepada Ny. Rani Rizaldy Efranza, Ketua PIA Cabang 15 Lanud MUS dari Ny. Ny. Sita Fahrur Rozi kepada penggantinya Ny. Novita Irdhian Krisnayogi, sedangkan Ketua PIA Cabang 6 Lanud SKI dari Ny. Ayu Supardo Butarbutar kepada penggantinya Penjabat Ketua PIA Cabang 6 Lanud SKI Ny. Hetty Edie Purnomo yang merupakan istri dari Kadispotdirga Lanud Sugiri Sukani.

Pada kesempatan tersebut Panglima Koopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin menyampaikan permohonan maaf dikarenakan beberapa pertimbangan pelaksanaan upacara sertijab di Jakarta yang seharusnya dilaksanakan di Lanud masing-masing, namun hal tersebut tidak mengurangi esensi serah terima jabatan.

Panglima juga menyampaikan ucapan selamat kepada pejabat baru khususnya kepada Komandan Sugiri Sukini yang dijabat oleh seorang Wanita (Wara) yang pertama kalinya yaitu Mayor Pnb Fariana Dewi Putri.

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan acara refreshmen sebagai ajang silaturahmi dan saling mengenal antara pejabat baru dengan para pejabat di lingkungan Koopsud I serta penyerahan cendera mata kepada pejabat Komandan Lanud yang lama sebagai ucapan terima kasih atas dedikasi dan tanggung jawabnya selama menjabat sebagai Danlanud.

Turut hadir dalam upacara serah terima jabatan tiga Danlanud tersebut yaitu Kaskoops Udara I Marsma TNI Daan Sulfi, S.Sos., M.Si., M.Han. beserta istri, Ibu-ibu Pengurus PIA Ardhya Garini Daerah I Koopsud I, seluruh pejabat utama Koopsud I, perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS anggota Koops Udara I.(disp)