Perwira Penerbang Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma Raih Prestasi di Korea Selatan

0

Koran Jurnal, Jakarta – Prestasi membanggakan di ajang internasional kembali diraih oleh Perwira TNI AU. Mayor Pnb Tri Wanto, Perwira Penerbang Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, mengharumkan nama baik TNI AU dan Indonesia atas prestasinya menorehkan berbagai prestasi saat menempuh pendidikan Sesko di Korea Selatan. Alumni Akademi Angkatan Udara 2007 ini sebelumnya, melaksanakan kursus pendidikan Bahasa Korea di Pusdiklat Bahasa Kemhan selama 4 bulan, dan dalam kesempatan tersebut berhasil meraih prestasi sebagai pemapar terbaik pada lomba presentasi bahasa Korea menjelang penutupan pendidikan.

Selanjutnya, Mayor Pnb Tri Wanto mengikuti pendidikan bahasa Korea di Korea Defense Language Institute (KDLI) dan berhasil meraih mendapatkan sertifikat dan Medali penghargaan terbaik akademis untuk kelompok kelas calon perwira siswa Sesko Angkatan, dalam pendidikan tersebut diikuti oleh 63 perwira militer dari 24 negara. Adapun pendidikan bahasa Korea yang dilaksanakan selama 11 bulan di KDLI merupakan prasyarat bagi para perwira siswa mancanegara yang akan mengikuti pendidikan setingkat Lemhanas (Korean National Defense University/KNDU), Sesko Angkatan, dan pendidikan setingkat lainnya.

Setelah menyelesaikan kursus di KDLI, Kemudian Mayor Pnb Tri Wanto mengikuti pendidikan di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara di Air University Korsel selama 12 bulan, diikuti 79 orang perwira siswa yang terdiri dari 69 perwira siswa Angkatan Udara Korsel serta 10 perwira siswa dari angkatan udara negara lain. Pada kesempatan tersebut, dalam akhir pendidikan di Air University Mayor Pnb Tri Wanto kembali berhasil mendapatkan penghargaan sertifikat dan Medali Academic Excellence atas prestasi akademik yang diraih selama mengikuti pendidikan Seskoau di Air University Korea Selatan.

Melalui pendidikan intensif di Seskoau Korsel ini, Mayor Pnb Tri Wanto telah dibekali dengan pengetahuan strategis yang mendalam tidak hanya meningkatkan kemampuan dalam perencanaan operasi dan menguasai prosedur dalam pelaksanaan misi, tetapi juga untuk menggali kemampuan individu dan tim/organisasi untuk memperkuat kemampuan komando dan manajemen. Serta menciptakan peluang berharga untuk berinteraksi dengan sesama peserta didik dari seluruh dunia. Tidak hanya pengetahuan militer yang mendalam tetapi juga membangun jaringan hubungan yang luas dengan calon pemimpin militer dari berbagai negara.

Kesuksesan Mayor Pnb Tri Wanto dalam menyelesaikan pendidikan Seskoau di Korea tidak hanya mencerminkan kecerdasan individu tetapi menunjukkan kesiapan TNI AU dalam menghadapi tantangan global serta mengukuhkan bahwa personel TNI AU siap menghadapi kompleksitas tugas saat ini.

Pendidikan Seskoau di Korea Selatan pada tahun 2023, sedikit berbeda dengan pendidikan di tahun-tahun sebelumnya, karena pada angkatan tahun ini menjadi pilot project materi tentang ruang angkasa (teknologi, persenjataan, perang masa depan, dan counterspace) dalam mendukung visi Angkatan Udara Korea Selatan menjadi Air and Space Force pada tahun 2050.(disp)