Jabatan Komandan Lanud ASH dan HNM Jajaran Koopsud I Diserahterimakan

0

Koran Jurnal, Jakarta – Jabatan Komandan Lanud Abdullah Sanusi Hanandjoeddin (ASH) dan Komandan Lanud Hang Nadim (HNM) diserahterimakan dalam upacara Sertijab yang dipimpin langsung oleh Panglima Komando Operasi Udara I (Pangkoopsud I) Marsda TNI Mohammad Nurdin, yang berlangsung di GOR Antarikshe Makoops Udara I, Senin (8/01/2024).

Dua Jabatan Komandan Lanud yang berada dibawah pembinaan Koopsud I tersebut yaitu Jabatan Komandan Lanud ASH, diserah terimakan dari pejabat lama Letkol Pnb Luky Indrawan, S.A.P., kepada penggantinya Letkol Pnb Dian Bashari, S.E., M.I.Pol. sedangkan Jabatan Komandan Lanud HNM, dari Letkol Pnb Betya Lukman Madyana, S.E., M.Han. diserahkan kepada penggantinya Letkol Pnb Sony Aji Pramono, S.T., M.I.Pol.

Dalam Upacara Sertijab itu, Pangkoops Udara I menyampaikan bahwa, sebagai salah satu Pangkalan Udara yang berada di jajaran Koops Udara I, kedudukan Lanud Hang Nadim sangat strategis.

“Keberadaan Lanud Hang Nadim sangatlah strategis, karena posisinya yang dekat dengan negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia. Di satu sisi, hal ini sangat menguntungkan bagi pembinaan dan kerjasama bilateral, khususnya di bidang pengamanan wilayah perbatasan serta latihan militer bersama. Namun di sisi lain, dengan letak tersebut, tidak menutup kemungkinan, akan terjadinya pelanggaran wilayah udara yang merugikan bagi masing-masing negara,” ujar Pangkoopsud I.

“Dan tidak kalah strategisnya Lanud Abdullah Sanusi Hanandjoeddin, yang seringkali menjadi tempat Latihan oleh TNI AU. Agar senantiasa menyiapkan Personel satuan yang memadai guna mendukung keberhasilan setiap misi yang diemban Koops Udara I,” tegas Pangkoopsud IĀ  menutup amanatnya.

Di tempat yang sama pula, dilaksanakan acara serah terima jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Cabang 11 Lanud ASH dari pejabat lama Ny. Widi Luky Indrawan kepada Ny. Karlina Dian Bashari, dan Ketua PIA Cabang 21 Lanud Hang Nadim dari Ny. Eka Betya Lukman Madyana kepada penggantinya Ny. Ade Sony Aji Pramono. PIA Ardhya Garini D.I Cabang 11 Lanud Abdullah Sanusi Hanandjoeddin dan Ketua Cabang 21 Lanud Hang Nadim yang dipimpin Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Koopsud I Ny. Erin Mohammad Nurdin.

Turut hadir dalam upacara serah terima jabatan Danlanud ASH dan HNM tersebut yaitu Irkoopsud I Marsma TNI Arifaini Nur Dwiyanto, M.Han. beserta istri, Ibu-ibu Pengurus PIA Ardhya Garini D.I Koopsud I, seluruh pejabat utama Koops Udara I, perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS anggota Koops Udara I.(pen)