Apel Gelar Pengamanan Pemilu Tahun 2024 dalam Komitmen Bersama untuk Mengamankan Pemilu di DKI Jakarta

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pangkoops Udara I Marsda TNI Mohammad Nurdin hadiri Apel Gelar Pengamanan Pemilu Tahun 2024 dalam komitmen bersama untuk mengamankan gelaran pesta demokrasi Tahun 2024, yang melibatkan 2.400 personel, selaku pimpinan Apel Pangdam Jayakarta Mayjen TNI Mohamad Hasan, S.H, bertempat di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma,

“Apel Gelar Pasukan bertujuan untuk menegaskan komitmen tugas dan kesiapsiagaan prajurit dan satuan jajaran Kodam Jaya dalam mengamankan wilayah Ibukota selama penyelenggaraan Pilpres dan Pileg tahun 2024 yang akan digelar pada 14 Februari nanti,” ujar Pangdam Jaya dalam sambutannya.

Lebih lanjut Pangdam Jaya menekankan, “Jaga soliditas serta bertindaklah secara profesional, dalam mengantisipasi setiap kecendrungan perkembangan situasi yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan dan merusak jalannya proses demokrasi. Ikuti prosedur tetap yang telah digariskan oleh pimpinan dalam melaksanakan tugas pengamanan dengan tetap memagang teguh Netralitas TNI”.

Pelaksanaan Apel Gelar kekuatan ini secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Khusus di DKI Jakarta dilaksanakan di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma. Apel gelar kekuatan ini disaksikan langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., dengan melakukan peninjauan didampingi para Pejabat TNI dan Polri yang hadir sekaligus melihat secara langsung demonstrasi PHH, dilanjutkan dengan melaksanakan Vicon ke Jajaran Kotama TNI.

Apel gelar kekuatan ini untuk mengetahui jumlah kekuatan TNI dan Alutsista yang dilibatkan, alat PHH yang digunakan, termasuk kesiapan/pemahaman anggota tentang tugas pelibatannya dalam menangani masalah di lapangan selama pelaksanaan pemilu. Kekuatan personel TNI yang dilibatkan pada Pengamanan Pemilu jumlah 446.219 personel tergelar di seluruh wilayah Indonesia.(pen)