POM Koopsud I Ambil Bagian Dalam Operasi Penegakan Ketertiban dan Yustisi POM TNI TA 2024

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Pom Koops Udara I, Kolonel Pom Roni Widayanto, S.H., mewakili Pangkoops Udara I menghadiri undangan Upacara pembukaan gelar Operasi Penegakan Ketertiban (Opsgaktib) & Yustisi Pom TNI TA 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (8/3/2024).

Operasi Gaktib dan Yustisi 2024 dilaksanakan secara serentak, mandiri maupun gabungan di wilayah hukum masing-masing Pom Angkatan/Pom wilayah di seluruh Indonesia bertujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan operasi Gaktib dan Yustisi Polisi Militer TNI yang tegas dan berwibawa.

Adapun sasarannya meliputi meningkatkan disiplin dan tata tertib serta kepatuhan hukum Prajurit TNI baik perorangan maupun kesatuan untuk mewujudkan Prajurit TNI yang memiliki jiwa Patriot sejati yang PRIMA.

Gelar Operasi Gaktib 2024 dengan mengusung tema “Melalui Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi TA 2024, Polisi Militer Siap Meningkatkan Penegakan Hukum, Disiplin dan Tata Tertib Prajurit Guna Mewujudkan TNI PRIMA menuju Indonesia Maju” melibatkan personel dari berbagai unsur.

Sebanyak 1.100 personel mendukung pelaksanaan Opsgaktib tahun ini adalah Batalyon 1 (Pomad, Pomal dan Pomau); Batalyon 2 dari unsur Kopassus, Marinir dan Kopasgat; Batalyon 3 dari Kostrad, Kodam Jaya dan Brimob; Batalyon 4 terdiri dari 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Prov (Satprov Mabes AD, Mabes AL dan Mabes AU), 1 SSK Polri (Div Propam, Lantas, Sabhara) dan 1 SSK Gabungan (Satpol PP, Bea Cukai, dan Dishub).

Adapun kendaraan yang terlibat pada operasi terpusat terdiri dari 16 unit kendaraan roda empat, 20 unit kendaraan roda dua, 3 unit kendaraan tahanan dan 3 unit K9 Satwa gabungan POM TNI.(pen)