Kalapas Klas I Cipinang: Hasil Tes Swab Antigen, 313 Pegawai Negatif dan 1 Positif

0

Koran Jurnal, Jakarta – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Cipinang, Jakarta Timur mengadakan kegiatan tes usap atau Swab Antigen Covid-19 kepada Seluruh Pegawai Lapas, di halaman ruang tunggu besuk Lapas Cipinang, Jum’at (18/06/2021).

Kegiatan dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19 itu dilaksanakan dua sesi. Sesi pertama dari pukul 08:00 WIB – pukul 11:00 WIB dan sesi kedua dimulai pukul 13.00 WIB – pukul 15.00 WIB.

“Kita melakukan antisipasi penyebaran Covid-19 khusus pegawai Lapas sehingga kita melakukan Test Swab Antigen kepada 318 pegawai,” ujar Kepala Lapas (Kalapas) Klas I Cipinang, Jakarta Timur, Tonny Nainggolan usai melaksanakan swab.

Tonny Nainggolan menyebut, dari hasil tes itu 313 pegawai dinyatakan negatif dan 1 pegawai dinyatakan Positif.

“Satu pegawai yang dinyatakan positif langsung diproses untuk penanganan selanjutnya yaitu Swab PCR dan kita minta agar melakukan isolasi mandiri,” terang Tonny.

Dia menyampaikan guna penanganan penyebaran Covid 19 dapat diupayakan salah satu caranya dengan melakukan deteksi dini melalui Test Swab Antigen secara rutin, agar pegawai yang terpapar dapat dihindarkan dari kontak langsung dengan pegawai lainnya.

“Kegiatan berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dan yang terpenting adalah mengurangi aktivitas diluar rumah/kantor. Apalagi kegiatan acara acara pesta yang sering kali kurang memperhatikan protokol kesehatan,” ungkap Tonny.

Dia juga mengingatkan masyarakat bahwa kondisi DKI Jakarta begitu menghawatirkan dengan penularan yang sangat tinggi saat ini.

“Seluruh masyarakat saya himbau untuk selalu menjaga kesehatan, dan disiplin menjalankan  protokol kesehatan yang ketat secara khusus jajaran Lapas Kelas I Cipinang,” imbaunya.(rdo/red)