Amanat KSAD di Upacara Peringatan HUT ke 71 Kopassus

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggelar upacara peringatan HUT ke 71 di Markas Komando Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Senin sore (17/4/2023). Upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, Mayjen TNI Iwan Setiawan.

Dalam kesempatan itu, Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, yang berhalangan hadir untuk memimpin upacara HUT ke-71 Kopassus karena ada tugas negara mendampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam kunjungan kerja ke Timika, Papua pagi tadi.

Dalam amanatnya, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan, kepada seluruh prajurit Korps Baret Merah agar senantiasa berlatih dan terus mengasah kemampuan baik individu maupun satuan.

KSAD mengatakan, Kopassus memang dibentuk, dilatih, dan disiapkan untuk menjadi prajurit yang militan, profesional, serta adaptif yang dilandasi moralitas dan loyalitas.

Orang nomor satu di TNI AD tersebut juga menekankan kepada seluruh pasukan elite Kopassus agar selalu menjaga kesiapan operasional dan kesiapsiagaan satuan yang tinggi sebagai wujud profesionalitas prajurit dan satuan yang dibentuk secara khusus di atas kemampuan prajurit dan satuan biasa.

“Oleh karena itu teruslah belajar, berlatih, dan mengedepankan doktrin strategi dan taktik maupun teknik pertempuran khusus agar kehebatan itu tetap terasah sambil terus memelihara kewaspadaan dari berbagai ancaman yang berpotensi melemahkan nama dan kehebatan Kopassus,” kata KSAD.

Lebih lanjut KSAD menambahkan, Kopassus memiliki nama besar dan sangat disegani di kawasan. Kemampuan prajurit Kopassus dalam menjalankan operasi selama ini telah berhasil menorehkan tinta emas yang membawa nama baik bangsa dan negara di seluruh pelosok dunia.

“Hal ini jangan membuat para prajurit Kopassus terlena. Kehebatan Kopassus telah membuat banyak negara yang menaruh hormat dan ingin belajar serta berlatih bersama,” ujarnya.

Terakhir, KSAD berpesan kepada seluruh prajurit Kopassus di mana pun bertugas agar senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Saya berpesan kepada Korps Baret Merah Kopassus di mana pun berada. Senantiasa hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat,” tuturnya.

“Lakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI Angkatan Darat,” tambah KSAD.

“Saya ucapkan Dirgahayu Komando Pasukan Khusus. Berani, benar, berhasil. Jaga terus nama besar dan keistimewaan Kopassus serta kepercayaan dan kebanggaan yang disematkan oleh rakyat Indonesia di pundak kalian melalui pengabdian dan prestasi-prestasi yang hebat, Komando….!,” ucapnya.

Upacara Peringatan HUT ke 71 Kopassus turut dihadiri sejumlah sesepuh dan mantan Danjen Kopassus serta ratusan tamu undangan.(*)