7 Bulan Jabat Pj Gubernur Sulbar, Sekretaris BNPP Raih 23 Penghargaan

0

Koran Jurnal, Jakarta – Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) patut berbangga, pasalnya salah seorang pejabat pimpinan tinggi madya, yakni Prof Zudan Arief Fakhrulloh selaku Sekretaris BNPP mampu membuktikan kepiawaiannya dalam memimpin Provinsi Sulawesi Barat.

Dalam tempo 7 bulan, prestasinya melesat dengan meraih 23 penghargaan dari berbagai bidang, membuat Pemprov Sulbar bangga atas pencapaiannya. “Pencapaian ini tak lepas dari kerjasama solid semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sulbar,” ujar Prof Zudan, Kamis (4/1/2024) kemarin.

Untuk diketahui, pada Desember 2023, Pemprov Sulbar mencatatkan inflasi terbaik ketiga nasional dengan angka 1,82 YoY. Keberhasilan ini menjadi bukti nyata dari kolaborasi yang efektif di tingkat daerah.

Prestasi Pemprov Sulbar mencakup berbagai aspek, termasuk transformatif pembelajaran, penerapan SPBE Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) terbaik II di Wilayah Sulawesi, pemenuhan standar layanan kesehatan, dan percepatan pengembangan kawasan transmigrasi. Di bidang olahraga, 12 cabang olahraga meraih tiket menuju PON Aceh-Sumatera.

Berbagai Penghargaan di Bidang Kesehatan

Pemprov Sulbar juga meraih sejumlah penghargaan di bidang kesehatan, termasuk penghargaan dari Kementerian Kesehatan atas pemetaan risiko penyakit infeksi emerging dan rekomendasi terbaik.

Selain itu, pengakuan terbaik diberikan oleh Kementerian Kesehatan atas kewaspadaan dini dan respons terhadap penyakit yang menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) atau wabah.

Kontribusi Sinergis di Bidang Hukum dan HAM

Pj Gubernur Sulbar juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM RI atas kontribusinya dalam sinergitas layanan kesehatan dan pengendalian penyakit menular bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di lapas, rutan, dan LPKA di lingkungan Kemenkumham Sulbar.

Dorongan SDM dan SDA Menuju Digitalisasi

Asosiasi Big Data dan AI memberikan penghargaan kepada Pemprov Sulbar atas prestasinya dalam mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) menuju era digitalisasi. Prof. Zudan, juga mendapat pengakuan sebagai pemimpin yang sukses dalam menginspirasi transformasi digital.

Penghargaan dari Berbagai Instansi

Pj Gubernur Sulbar menerima penghargaan dari berbagai instansi, termasuk Kementrian Hukum dan HAM, Badan Pangan Nasional, dan Ombudsman RI. Pengakuan tersebut mencakup berbagai aspek, seperti pengendalian inflasi daerah, penurunan kemiskinan ekstrem, dan penilaian kepatuhan pelayanan publik.

Prestasi Keamanan Tingkat Tinggi

Menariknya, Provinsi Sulbar menduduki posisi ke-2 sebagai Provinsi Teraman di Indonesia menurut rilis terbaru BPS. Dengan angka 0,30%, Sulbar hanya berada di bawah Provinsi Bali (0,20%), menjadikannya salah satu dari 10 provinsi dengan persentase penduduk yang menjadi korban kejahatan terendah nasional pada tahun 2022.

Pencapaian luar biasa Sekretaris BNPP, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, bersama seluruh tim Pemprov Sulbar, memperkuat posisi provinsi ini di berbagai sektor.

Dengan 23 penghargaan dalam waktu singkat, Sulawesi Barat menunjukkan komitmen dan kemampuan untuk mencapai prestasi luar biasa di berbagai bidang. Prestasi ini tak hanya membanggakan Pj Gubernur Sulbar dan timnya tetapi juga meningkatkan citra positif Sulawesi Barat di mata masyarakat Indonesia.***