Pendidikan Komando TNI AL Lintasi Medan Bromo, KSAL: Seluruh Indonesia Percaya Kalian 

0

Koran Jurnal, Bromo – “Masyarakat percaya terhadap kalian, seluruh bangsa Indonesia percaya kepada kalian. Kepercayaan ini harus kalian jaga dan harus ditingkatkan kemampuannya, profesionalitas, integritas dari tiap prajurit Marinir harus yang terbaik”.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali saat memberikan pembekalan kepada Siswa Pendidikan Komando (Dikko) Marinir Angkatan 173 Kodikmar Kodiklatal yang akan melaksanakan Lintas Medan (Limed) dari Lautan Pasir, Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (14/3/2024).

Lintas Medan Pendidikan Komando adalah tahap akhir dari Pendidikan Komando Marinir dengan berjalan kaki menggunakan pakaian tempur dari Banyuwangi sampai dengan Pantai Baruna Malang Selatan yang menempuh jarak lintas medan sejauh 350 Km.

Dalam Limed etape ini, seluruh peserta Dikko terlihat kompak dan penuh semangat, untuk menyelesaikan tahapan Limed selanjutnya yaitu, rute Bromo (Probolinggo) – Wonorejo – Gondang Legi – Srigonco – dan Finish di Pantai Baruna untuk melaksanakan pembaretan Siswa Dikko Marinir.

Pendidikan Komando Marinir Angkatan 173 TA. 2024 kali ini diikuti sebanyak 502 siswa yang terdiri dari 58 Taruna AAL tingkat II Angkatan ke-71, 100 siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba), dan 343 siswa Pendidikan Pertama Tantama (Dikmata) angkatan ke-43 gelombang 1 serta 1 Siswa Tandikmaba.

Menurut KSAL, Marinir sebagaimana diketahui adalah pasukan handal yang disegani kawan maupun lawan. Marinir harus bisa menjaga nama baik yang sudah ditorehkan oleh pendahulu-pendahulu.

“Marinir-marinir di seluruh dunia mengakui kemampuan kalian. Nama Marinir sangat dikenal sebagai pasukan yang pantang menyerah,” ungkap KSAL.

Pada kesempatan ini pula Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma, beserta Pejabat TNI AL lainnya turut serta dalam pelaksanaan lintas medan di wilayah Bromo, Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur.(disp)