TNI AL Gelar Pertemuan Hidrographic Sub-Working Group

0

Koran Jurnal, Jakarta – TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar Hidrographic Sub-Working Group (HSWG) bertempat di lounge room Perwira Pushidrosal, Jakarta Utara, Rabu (5/6/2024).

Acara tersebut di buka oleh Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin mewakili Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Budi Purwanto, S.T., M.M yang dihadiri oleh Aspamkersamtas Danpushidrosal, delegasi dari Australia Hydrographic Office (AHO), Atal Australia, Perwakilan dari Sopsal, Sintelal, Disopslatal dan beberapa Kadis dan perwira terkait Pushidrosal.

Danpushidrosal dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asopssurta Danpushidrosal menyampaikan bahwa pertemuan HSWG digelar sebagai bentuk kerja sama hidrografi antara Indonesia dan Australia, dalam hal ini Pushidrosal dan Australian Hydrographic Office (AHO). Pertemuan ini merupakan bukti kemitraan yang kuat antara Indonesia dan Australia khususnya dalam bidang kemaritiman, mengingat tantangan yang terus berkembang antara kedua negara yang memiliki wilayah maritime yang luas. Indonesia dan Australia memiliki kepentingan yang sama dalam mempromosikan keselamatan, keamanan, dan keberlanjutan lautan bersama. HSWG ini merupakan platform yang berharga untuk bertukar pengetahuan, berbagi praktik terbaik, dan mengeksplorasi pendekatan inovatif untuk survei hidrografi, pemetaan, dan navigasi.

Kegiatan Hidrographic Sub-Working Group (HSWG) antara TNI AL dalam hal ini Pushidrosal dan Royal Australia Navy (RAN) diawali pada Maritim Operation Working Group (MOWG) tahun 2023 sehingga terjalin Navy to Navy Talk (NTNT) yang selanjutnya membahas iterasi masa depan dengan mengadakan operasi atau latihan yang terkoordinasi antar kedua Negara.

Pada pertemuan NTNT-17 antara TNI AL yang diwakili Pushidrosal dan RAN diwakili Australia Hyfrographic Office (AHO) mengajukan usulan bersama pembentukan HSWG yang berada di bawah MOWG dan direkomendasikan Co-Chair HSWG Asopssurta Danpushidrosal dan Hydrographer Australia.

Sesuai berita acara rapat TNI AL dan RAN dalam NTNT pada bulan Juni 2023 terdapat dua item terkait hidrografi diantaranya pelaksanaan coordinated Hydrographic Survey Exercise (CHSE) yang dilaksanakan dua tahun sekali yang diawali pada tahun 2023, dan pembentukan HSWG di bawah MOWG dan menyampaikan hasil laporan pada pertemuan setiap tahun kepada MOWG. Pertemuan HSWG dilaksanakan selama 2 hari, 5-6 Juni 2024 ini antara lain membahas tentang Produk S-100 yang dipaparkan oleh Letkol Laut (KH) Muh. Qisthi Amarona, peningkatan Kapasitas oleh Letkol Laut (P) Dodik Armansyah, Konsep pengajuan bersama untuk SCUFN oleh Kolonel Laut (KH) Muddan Zayadi, Kemajuan Australia menuju S-100 oleh Australia Hidrographic Office.(disp)