DAMRI di Palangkaraya Kini Punya Inovasi Baru, Antar Jemput Penumpang dan Barang

0
Bus DAMRI Palangkaraya.(Foto: Istimewa)

Koran Jurnal, Palangkaraya – DAMRI Cabang Palangkaraya hadir dengan inovasi baru, yaitu antar jemput penumpang dan barang secara langsung di tempat penjemputan yang diinginkan. Area layanan adalah Kota Palangkaraya, ibukota Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Layanan ini telah dijalankan sejak Senin (8/2/2021). Upaya ini merupakan bagian dari inovasi yang terus digenjot DAMRI untuk memperkuat jaringan transportasi darat sekaligus terobosan bisnis semasa pandemi Covid-19,” kata Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan DAMRI Sidik Pramono di Jakarta, seperti dilansir Bisnisnews, Senin (22/02/2021).

Menurutnya, pelayanan angkutan barang DAMRI merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Tidak hanya angkutan barang, DAMRI juga melayani angkutan penumpang. Terkait dengan upaya pencegahan Covid-19, para pelanggan DAMRI dihimbau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, di antaranya suhu tubuh penumpang di bawah 37,3 derajat celcius, menjaga jarak, menggunakan masker selama perjalanan, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menghindari berbicara saat di dalam bus.

Adapun rute penjemputan penumpang dan barang yang dilayani di seputar area Kota Palangkaraya yaitu dari:

– Tjilik Riwut KM 7

– Pasar Besar

– Bunderan Besar

– Jalan Yos Sudarso

– Bukit Hindu

– Jalan G. OBOS

– Jalan RTA

– Milono

– Jalan Dipenogoro

– Bunderan Kecil

– Bunderan Burung

– Kelampangan

– Terminal W.A. Gara

Menurut Sidik, layanan ini dapat dinikmati mulai pukul 15.00 WITA. Layanan ini diberikan GRATIS kepada para pelanggan. Bus medium yang dioperasikan untuk layanan ini dilengkapi dengan fasilitas seperti reclining seat, Air Conditioning (AC), dan batas maksimal penumpang pada setiap bus sebesar 70%.

Hadirnya layanan antar jemput penumpang dan barang ini merupakan bagian dari kegiatan pengembangan usaha DAMRI untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat area Palangkaraya akan transportasi, membangun konektivitas antar moda, menjaga kestabilan harga antar wilayah.

“Selain itu juga meningkatkan perekonomian di daerah tersebut. Penumpang yang menginginkan dijemput oleh Bus Sehat DAMRI dapat menghubungi di nomor 082155425676 atau 085217257575,” papar Sidik.

Terkait operasional pada angkutan penumpang, DAMRI telah memberikan pelayanan terbaik yang tidak hanya aman namun juga nyaman. Bus dipastikan dalam keadaan bersih sebelum digunakan melalui proses penyemprotan desinfektan, penyediaan alat cuci tangan atau hand sanitizer, serta penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) kepada petugas di lapangan dan awak kendaraan.

“Dalam melakukan aktivitas usaha, DAMRI memberlakukan standar ketat dalam memberikan pelayanan terbaik dengan mengutamakan 5K, yaitu Ketepatan, Keselamatan, Keamanan, Kenyamanan, dan Kesehatan Penumpang dan Pramudi,” tegas Sidik.(elm/red)