KSAL Tegaskan POMAL Harus Berdedikasi, Kredibel dan Profesional

0

Koran Jurnal, Jakarta — Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengemukakan tantangan tugas Polisi Militer TNI Angkatan Laut (Pomal) kedepan dalam menegakkan disiplin dan peraturan militer membutuhkan sikap dan tindakan profesional. Karena itu, Pomal dituntut lebih terampil dalam mencegah dan menangani setiap pelanggaran disiplin, maupun menjauhkan prajurit TNI AL dari segala bentuk tindak pidana.

Tuntutan tersebut dapat terlaksana jika memiliki prajurit Pomal terus berdedikasi, kredibel dan profesional serta membenahi organisasi berlandaskan pada kesiapan personel, kesiapan materiil Pomal yang didukung dengan perangkat lunak serta penyelenggaraan dukungan yang baik.

Laksamana Yudo menambahkan, Pomal merupakan figur prajurit yang harus memegang teguh semboyan, Wijna Wira Widhayaka. Semboyan itu artinya prajurit penegak aturan yang berwatak kesatria, arif dan bijaksana serta senantiasa menjunjung tinggi prinsip kebenaran.

“Setiap prajurit Pomal harus menjadi teladan dan panutan dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan hukum, Undang-Undang dan peraturan yang berlaku,” pesan Yudo dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Pomal di Lapangan Apel Markas Pusat Polisi Militer TNI AL (Puspomal) Jakarta Utara, Senin (22/02/2021).

Yudo pun berharap Pomal dapat terus mengedepankan sinergi dan soliditas TNI-Polri sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), serta menciptakan situasi kondusif antar-instansi penegak hukum dengan mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan penanggulangan Covid-19, pemulihan ekonomi nasional dan program vaksinasi nasional.

Peringatan HUT ke-75 Pomal diawali dengan pengangkatan Kasal sebagai Warga Kehormatan Polisi Militer TNI Angkatan Laut, ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan dan Prosesi Pembaretan Kasal Laksamana Yudo Margono oleh Komandan Puspomal Laksamana Muda TNI Nazali Lempo.

Sinergi dan soliditas TNI-Polri juga ditampilkan pada kegiatan tersebut, terutama saat pelaksanaan demonstrasi keterampilan mengendarai motor, dilanjutkan dengan pemberian kue ulang tahun dan tumpeng dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M.Fadil Imran, serta pertunjukan demonstrasi freestyle motor gede Aswatama Wira Pratama gabungan dari Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dan Polisi Wanita (Polwan).

Kegiatan itu dihadiri oleh Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono, Inspektur Jenderal Angkatan Laut (Irjenal) Laksamana Muda TNI Moelyanto, Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasal Laksamana Muda TNI S. Thamrin, para Asisten Kasal, para Kepala Dinas jajaran Mabesal, dan para Pimpinan Kotama TNI AL Wilayah Jakarta, serta para mantan Danpuspomal dari masa ke masa.(disp/red)