Sukseskan Program 1 Juta Vaksin Per Hari, TNI Angkatan Laut Sasar Masyarakat Maritim di Kali Baru Jakarta Utara

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pusat Hidrografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) kembali mengadakan kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19, di wilayah Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (06/07/2021).

Komandan Pushidros TNI AL (Danpushidrosal) Laksdya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P. mengatakan, sasaran serbuan vaksinasi Covid-19 kali ini adalah untuk masyarakat maritim dan warga di lingkungan sekitar Pos TNI AL (posal) Kali Baru.

“Sasaran pada pagi hari ini adalah untuk masyarakat maritim dan warga masyarakat disekitar Kali Baru ini yang keseharian bekerja membawa serta mengantar bahan-bahan bangunan ke pulau seribu dan nelayan yang setiap harinya bekerja mencari ikan di laut,” tuturnya.

Lanjut Agung menjelaskan, kegiatan vaksinasi yang menyasar kepada masyarakat maritim ini dilaksanakan dalam rangka turut menyukseskan program satu juta vaksinasi yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo untuk menekan angka penyebaran covid-19 di Indonesia.

“Dan tentu saja program ini oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL Laksamana TNI Yudo Margono) sebagai bentuk dukungan program pemerintah yang dicanangkan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo yaitu untuk pencapaian 1 juta vaksin satu hari,” kata Agung kepada wartawan usai meninjau penyelenggaraan serbuan vaksinasi di lokasi.

Selain itu Agung menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukungan masyarakat maritim yang ikut menyukseskan program tersebut. Kata Agung, animo masyarakat maritim di wilayah Kali Baru untuk mengikuti program vaksinasi sangat besar, sehingga melampaui target vaksin yang disediakan Pushidrosal.

“Sasaran hari ini ada 300 vaksin, yang mana sampai jam 09.00 WIB yang daftar tadi sudah lebih dari target yaitu 320 sampai 350. Namun kita alihkan ke kelurahan, yang saat ini juga sedang melaksanakan vaksinasi,” terangnya.

Adapun vaksin yang digunakan dalam kegiatan vaksinasi tersebut yaitu menggunakan vaksin sinovac.

Ditambahkan Agung bahwa pada kegiatan vaksinasi, pihaknya mengerahkan sejumlah tim tenaga kesehatan.

“Kami membawa tim, 17 vaksinator dan para pendukung tenaga medis dari Pushidrosal, yang kiranya akan membantu masyarakat dalam rangka mencegah penularan Covid-19,” ujarnya.

Agung pun mengingatkan, kepada masyarakat yang belum dan sudah divaksin agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami himbau kepada masyarakat yang belum vaksin dan sudah vaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas,” tandasnya.

Kegiatan serbuan vaksinasi turut dihadiri sejumlah aparat pemerintah daerah Jakarta Utara, diantaranya Lurah Kali Baru, Kapolsek Kali Baru, Danramil, Ketua RW, Tokoh Masyarakat, dan Komandan Pushidrosal didampingi Asops Pushidrosal.(ton)