Selama Dua Hari TNI AL Tuntas Vaksinasi 600 Masyarakat Maritim Rawa Badak 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Selama dua hari, TNI AL penuhi target 600 masyarakat maritim di kawasan Rawa Badak, Koja Jakarta Utara memperoleh vaksin Covid-19.

Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) berkolaborasi dengan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta dalam serbuan vaksinasi yang dipusatkan di SMPN 173, Rawa Badak, Koja Jakarta Utara, Kamis (26/08/2021).

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan serta menjaga jarak, antrian hari ke dua serbuan vaksinasi yang di gelar ditempat yang sama masih tetap diserbu para peserta vaksin.

Tercatat saat pendaftaran dibuka pukul 08.00 wib, nomor pendaftaran sudah mencapai 334 orang yang dikomulatifkan dengan hari sebelumnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Pushidrosal Letkol Laut (K) Komang Ardianto yang memonitor langsung serbuan vaksinasi selama 2 hari ini.

Vaksinasi yang saat ini dilaksanakan merupakan program vaksin lanjutan, dimana pemberian vaksin diperuntukkan bagi masyarakat penerima vaksin tahap pertama. Dengan semakin banyaknya masyarakat yg divaksin dapat memenuhi target 600 vaksin selama 2 hari ini, diharapkan dapat tercipta kekebalan komunal (herd immunity) dalam mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19.

Sesuai dengan tahapan pelaksanaan vaksin, masyarakat yang datang dengan membawa fotokopi KTP atau KK melakukan pendaftaran ditempat pendaftaran, selanjutnya dilakukan screening secara umum dengan mengisi formulir yang berisi pertanyaan terkait kesehatannya, pengecekan suhu, dan tensi. Vaksinasi akan diberikan apabila calon penerima vaksin lolos screening, bila tidak lolos akan dilakukan penundaan.

Vaksinator yang diterjukan untuk kegiatan selama 2 hari ini masih sama dengan hari pertama yaitu berjumlah 20 personel, terdiri dari 15 Personel dari Dinas Kesehatan (Diskes) Pushidrosal, 5 personel dr Diskes Lantamal III Jakarta, dan 12 orang dari ibu2 Dasa Wisma Rawa Badak Utara.

Kegiatan vaksinasi yg digelar ini merupakan peran serta Pushidrosal dalam melaksanakan program nasional yang dicanangkan oleh Pemerintah yaitu 2 juta vaksin bagi masyarakat maritim serta perintah langsung dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dan Komandan Pushidrosal Laksamana TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P. Diharapkan, Serbuan vaksinasi ini dapat turut membantu memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.(disp/red)