Kejar Target Herd Immunity, Pushidros TNI AL Gelar Vaksinasi Covid-19 Secara Rutin

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kegiatan vaksinasi terus menerus dilaksanakan oleh TNI AL khususnya Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) di Mako Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara, Senin (04/10/2021).

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 rutin yang di gelar oleh Pushidrosal ini telah berlangsung sejak Juni 2021 lalu, merupakan perintah langsung dari Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P.

“Vaksinasi rutin ini bertujuan untuk menyehatkan masyarakat maritim wilayah Ancol Timur dan sekitarnya, serta mengejar target kekebalan komunal (Herd Immunity) di lingkungan kerja Pushidrosal. Jika Masyarakat sehat, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sosial dan ekonomi secara nasional,” ujar Danpushidrosal.

Selain itu, juga melaksanakan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., sebagai salah satu sumbangsih TNI AL dalam mempercepat penanganan penyebaran Covid-19, serta dalam mencapai target 70 persen penduduk tervaksinasi secara nasional.

Dinas Kesehatan (Diskes) Pushidrosal mengerahkan satu Tim tenaga kesehatan berjumlah 7 personel dalam melayani vaksinasi rutin yang dilaksanakan pada hari ini. Adapun vaksin yang digunakan adalah jenis Vaksin Astra Zeneca (AZ) dan Sinovac (CoronaVac) untuk pemberian Tahap I maupun II, dengan target vaksinasi sebanyak 100 Dosis. Dari jumlah yang terdaftar hari ini, tercatat berhasil tervaksin sebanyak 45 orang dari personel Pushidrosal dan masyarakat umum.

Syarat utama untuk menjadi Peserta Vaksin yaitu membawa KTP/KK asli dan Fotocopy. Vaksin yang diselenggarakan oleh Pushidrosal ini bersifat gratis atau Cuma-Cuma. Kegiatan vaksinasi dilaksanakan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan, di antaranya dengan memakai masker dan menjaga jarak di saat antrian.(disp/red)