Pushidros TNI AL Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2021

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) memperingati hari Pahlawan Tahun 2021 di lapangan apel Markas Komando (Mako) Pushidrosal. Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur Jakarta Utara. Rabu (10//11).

Wakil Komandan (Wadan) Pushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, S.T., M.M., mewakili Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., menjadi Inspektur Upacara (Irup) Pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021.

Amanat tertulis Menteri Sosial RI Tri Rismaharini yang dibacakan oleh Inspektur Upacara mengingatkan kembali tentang penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Dalam kurun waktu 350 tahun negeri kita dijajah berkali-kali oleh pemberontak lokal. Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba. Para pendiri bangsa ini menyadari dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air. Inilah pelajaran yang sangat berharga. Kita masih tetap utuh karena membina kesatuan.

Pertempuran 10 november 1945 di Surabaya yang diperingati sebagai hari Pahlawan ini harus di contoh, dengan tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah perduli akan keterbatasan atau halangan. Para pahlawan kita dengan gagah berani memilih melawan bombardir dari kapal perang dan pesawat tempur serta tank dan senjata canggih lainnya walau terkadang hanya dengan bambu runcing dan keyakinan yang tinggi untuk mempertahankan kemerdekaan, yang berbalut semboyan merdeka atau mati.

Semangat tekad dan keyakinan pahlawan harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “ Pahlawanku Inspirasiku”.

Upacara Hari Pahlawan kali ini berlangsung dengan tertib dan khidmat, dihadiri oleh para pejabat Utama Pushidrosal, 2 kompi Perwira terdiri 1 Kompi Perwira Menengah dan 1 Kompi Perwira Pertama, 2 Kompi Bintara 1 Kompi Tamtama dan 1 kompi PNS Pushidrosal. bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Letkol Laut (P) Janjan Rechar, S.T yang sehari-hari berdinas di Satuan Survei Pushidrosal dan sebagai Perwira Upacara adalah Mayor Laut (E) Benny Rushadi, S.Kom., yang sehari-hari berdinas di Disinfolahta Pushidrosal.

Dalam upacara tersebut dibacakan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara yang dikuti oleh peserta upacara, pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Lettu Laut (P) Kurnia Malik, A.Md dan pembacaan pesan-pesan para pahlawan oleh Lettu Laut (KH/W) Nadia Zahrina.(disp/red)