Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak Resmikan Sumur Bor Noelbaki I Desa Noelbaki Kupang, NTT

0

Koran Jurnal, Kupang – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., bersama Bupati Kupang Dr. Korinus Masneno M.Si., Ketum Umum Kadin RI Bapak Arsjad Rasjid sekaligus Direktur Utama Indika Energy, Letjen TNI (Purn) Dr. (HC) Doni Monardo secara simbolis memotong pita sebagai tanda peresmian 16 sumur bor bagi warga eks Timor Timur yang berada di daratan pulau Timor di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT. Senin (11/7/2022) kemarin.

Belasan sumur bor yang dibangun oleh TNI AD dengan dukungan dana dari Yayasan Indika Energy Grup itu tersebar di lima Kabupaten di Pulau Timor di pemukiman warga eks Timor-Timur setelah dua dekade sejak tahun 1999 sampai 2021 kesulitan air bersih.

Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dalam sambutannya mengatakan bahwa ada 16 sumur bor yang dinamakan “Sumur Bor Pejuang” yang dibangun oleh TNI AD di NTT diperuntukkan bagi 10.522 jiwa warga eks Timor Timur di Pulau Timor, NTT.

Pangkostrad memuji prajurit-prajurit TNI AD yang telah luar biasa bekerja keras dalam mensukseskan program penyediaan air dan berkeinginan untuk memfasilitasi program penyediaan air bersih untuk masyarakat.

Pangkostrad berharap kepada pihak-pihak terkait untuk terus membantu memfasilitasi agar program ini terus berjalan karena masih banyak saudara-saudara kita yang memerlukan air.

Pangkostrad juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama membuat program-program untuk meningkatkan pemanfaatan penyediaan air seperti untuk pertanian maupun peternakan dan mempercepat akses-akses penyediaan air untuk masyarakat Indonesia.

Diakhir sambutannya, Pangkostrad menambahkan, bahwa program penyediaan air ini telah menjadi program Kepala Staf Angkatan Darat melalui “TNI AD Manunggal Air”.

Sejumlah warga eks Timor Timur di desa Noelbaki, Kabupaten Kupang, NTT menyatakan terbantu dengan sumur bor yang dibangun TNI AD bersama swasta ini, sehingga 2.518 jiwa warga di desa itu mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Ibu Rosalina da Costa yang tinggal di pemukiman warga eks Timor Timur di Desa Noelbaki, saat ditemui di lokasi mengatakan, bahwa sejak tahun 1999 sampai tahun 2021 ratusan warga di pemukiman itu hanya bisa mendapatkan air bersih dari kali.

“Untuk mendapatkan air bersih kami terpaksa harus jalan sekitar satu kilometer agar bisa dapat air, sehingga kalau dihitung-hitung dua kilometer pulang-pergi untuk bisa dapat air bersih,” katanya.

Ibu Rosalina mengaku cukup kesulitan untuk mendapatkan air bersih walaupun kali yang melintas jauh dari pemukiman tersebut selalu mengeluarkan air walaupun di musim kemarau panjang.

Dengan adanya sumur air bersih bantuan dari TNI AD ini, kini warga sudah tidak kesulitan lagi mendapatkan air, karena selama ini selain dari kali, warga setempat juga mengambilnya dari sumur bor milik warga yang jaraknya juga tidak terlalu jauh.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Danjen Kopassus Mayjen TNI H. Iwan Setiawan, S.E., M.M., Danrem 161/WS Brigjen TNI Iman Budiman. S.E, Danlanud El Tari Kupang Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan, ST.,M.Hum., M.Han, Dandim 1604/Kupang Letkol Inf. M. Iqbal Lubis, Forkopimda Kabupaten Kupang, Kepala Desa Noelbaki serta tamu undangan dan masyarakat Desa Noelbaki.(pen)