Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak Terima Kunjungan Kerja Kepala Staf AD Australia

0

MEGAPOLITANPOS.COM, Jakarta – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. menerima kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Darat Australia Letjen Simon A. Stuart di Makostrad, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022).

Dalam kunjungan ini, Pangkostrad didampingi Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, S.I.P., Irkostrad Mayor Jenderal TNI Dian Sundiana, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad dan Dandenma Kostrad.

Kegiatan kunjungan diawali dengan menerima penghormatan jaga dari Pos-1 dan hormat jajar dari Regu Jaga, mengunjungi museum Darma Bhakti Kostrad, sesi foto bersama dilanjutkan dengan pemutaran video profil Kostrad dan Courtessy Call.

Pada kesempatan ini, Pangkostrad menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa bangga karena telah dikunjungi oleh Kasad Australia beserta rombongan.

Pangkostrad juga menjelaskan bahwa Kostrad adalah satuan terbesar di Indonesia, yang memiliki 3 Divisi Infanteri, Divisi Infanteri 1 berada di Cilodong, Divisi Infanteri 2 berada di Singosari, dan Divisi Infanteri 3 berada di Pakatto.

Kostrad tidak hanya melakukan tugas pokok saja, Kostrad juga berpartisipasi dalam OMSP (Operasi Militer Selain Perang) yaitu membantu program pemerintah. Seperti saat ini dibeberapa wilayah mengalami krisis air bersih, khususnya di wilayah pedalaman. Dalam situasi ini Kostrad memberikan solusi dengan membuat pompa hidrolik di area-area tersebut untuk membantu masyarakat mendapatkan akses air bersih. Adapun metode yang digunakan untuk menyalurkan air bersih yaitu melalui penyaluran air gravitasi, menggunakan pompa hidrolik ran tanpa menggunakan listrik dan memanfaatkan teknologi sumur bor.

“Beberapa bulan yang lalu kita baru saja menutup latihan Jocit-I yang diselenggarakan atas kerja sama yang baik Angkatan Darat Indonesia dan Angkatan Darat Australia di Pussenif Kodiklatad, Kostrad mengirimkan 12 personelnya untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Dan bulan ini kita akan melaksanakan latihan bersama dengan sekala besar yang disebut “Super Garuda Shield” yang mana melibatkan 14 negara termasuk Australia dan personel Kostrad,” lanjut Pangkostrad.

Dalam waktu dekat salah satu Batalyon dari Divisi Infantri 2 Kostrad yang diwakili oleh Batalyon Infanteri Mekanis Raider 412 Kostrad akan melaksanakan latihan bersama yang disebut “Wirrajaya Ausindo” dengan Angkatan Darat Australia yang turut melibatkan 120 personel dari masing-masing negara.

Pangkostrad berharap, kerjasama antara TNI AD dengan Royal Australian Army di bidang latihan bersama yang melibatkan Australian Army dan prajurit Kostrad dapat ditingkatkan di masa mendatang baik dari aspek kuantitas dan kualitas.

“Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Letnan Jenderal Simon Stuart beserta rombongan,” pungkas Pangkostrad.

Kasad Australia Letjen Simon A. Stuart merasa terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad dan disambut dengan hangat oleh Pangkostrad beserta staf. Kegiatan kunjungan ditutup dengan pertukaran Cinderamata.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Waasintel Kasad Bid. Inteltek dan Hublu, Paban VI/Hublu Sintelad, Atase Darat RI di Canberra, Kol. Chb Tomy Arvianto dan Delegasi AD Australia: Colonel Micah Batt, Colonel Corey Shillabeer, Captain Morgan Greenlees, WO2. Deane Rigney dan Mrs. Catherine.(pen).