Pelatihan Perpanjangan Sertifikasi Asesor Kompetensi LSP-P2 Pushidros TNI AL 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar Kegiatan Pelatihan Perpanjangan Sertifikasi Asesor Kompentensi LSP-P2 Pushidrosal Tahun 2022, di Lounge Room Perwira, Mako Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara, Senin (21/11/2022).

Asisten Personel (Aspers) Danpushidrosal Kolonel Laut (P) Edward H. Sibuea, S.T., M.M. didampingi Master Asesor Rahmat Subandi dan Dr.Ir Djajadi Surahman ikut hadir sekaligus membuka pelatihan yang di gelar di lounge room perwira tersebut.

Dalam sambutannya, Aspers menegaskan kegiatan ini merupakan aksi lanjut LSP-P2 Pushidrosal yang sudah ada pada tahun 2018 dikarenakan adanya validasi organisasi Pushidrosal yang saat ini dijabat oleh Pati bintang 3 dan kondisi negara yang mengalami musibah Internasional berupa Covid-19 mengakibatkan belum bisanya melaksanakan perpanjangan sertifikasi Asesor yang saat itu berlaku selama 3 tahun.

Dengan adanya kebijakan pimpinan untuk dilanjutkan kembali perpanjangan sertifikasi asesor kompetisi maka pengurus LSP-P2 Pushidrosal mengajukan kembali perpanjangan ini ke BNSP. Proses penguatan Pushidrosal sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi P2 Bidang Hidrografi dan Oseanografi merupakan suatu upaya implementasi amanah Peraturan Presiden RI Nomor 66 Tahun 2019 tentang susunan organisasi Tentara Nasional Indonesia pasal 59 menjelaskan Pushidrosal sebagai Kotama ops yang mengemban tugas menyelenggarakan operasi survei pemetaan Hidro-Oseanografi dan pasal 150 menjelaskan Pushidrosal sebagai kotama pembinaan TNI Angkatan Laut yang mengemban tugas menyelenggarakan pembinaan Hidro-Oseanografi serta wakil Negara Kesatuan Republik Indonesia di Lembaga Hidrografi Dunia atau dikenal dengan International Hydrograohic Organization (IHO).

“Pushidrosal telah memiliki 40 personel yang memiliki Asesor tersertifikasi BNSP namun adanya validasi organisasi dan tour of area jumlah asesor semakin berkurang, guna memaksimalkan operasional LSP Pushidrosal maka dilakukan upaya perpanjangan sertifikasi asesor melalui sertifikasi pelatihan ulang,” tambah Aspers.

Dalam kesempatan tersebut Aspers Danpushidrosal mengharapkan melalui pelatihan ini agar para peserta memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, memahami materi apa yang diberikan instruktur agar dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas.(disp)