KRI Spica-934 Tuntaskan Misi Latma CHSE dan Opsurta Hidros Perairan ZEEI Tenggara Pulau Timor 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Spica-934 sebagai salah satu unsure kapal Bantu Hidro Oseanografi di jajaran Pushidrosal selesai menuntaskan misi Latihan Bersama (Latma) Coordinated Hydrographic Survey Exercise (CHSE) Indonesia-Australia Tahun 2023 dan Operasi Survei dan Pemetaan (Opsurta) Hidros di perairan Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI) Tenggara Pulau Timor.

Kedatangan KRI Spica-934 yang dikomandani Letkol Laut (P) Deirus Rizki Khair tersebut disambut Komandan Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, S.T., M.M., di Dermaga 100 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jum’at (24/11/2023).

Latma CHSE kedua negara antara Indonesia-Australia tahun 2023 ini sendiri telah dilaksanakan pada 29 September hingga 25 Oktober 2023 melibatkan KRI Spica-934 dan HMAS Leeuwin A245.

Danpushidrosal mengatakan, saat kunjungannya dalam kegiatan Indo-Pacific Sea Power Conference 2023 di International Conventional Centre Sydney Australia beberapa waktu yang lalu, Chief Australian hydrographic Office (AHO), menyampaikan salut dengan apa yang telah dikerjakan oleh Pushidrosal terutama kru Spica yang melaksanakan survei dan pemetaan Hidrografi.

Lebih lanjut Danpushidrosal menyampaikan sangat bangga bahwa Pushidrosal sebagai lembaga hidrografi nasional tidak kalah sama lembaga internasional lainnya dan dapat mengikuti sesuai syarat standar internasional.

Hadir dalam penyambutan KRI Spica-934 antara lain Wadanpushidrosal Laksamana Pertama TNI Rony Saleh, Pejabat Utama, para Dansat Pushidrosal, serta para Kasatker di lingkungan Pushidrosal.(disp)