Ristadi Tetap Dukung Situasi yang Kondusif Usai Penetapan UMP Tahun 2023

0

Koran Jurnal, Jakarta – Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Ristadi menegaskan mendukung penuh atas keputusan pemerintah yang telah menetapkan UMP/UMK untuk tahun 2023.

Ristadi bilang yang pasti pihaknya mengedepankan sisi intelektual dalam hal ini melakukan kajian guna menyikapi keputusan itu.

“Ke depan kami akan diskusikan atau dibawa ke dalam forum seperti diskusi publik maupun FGD,” ucap Ristadi, Jumat (9/12/2022).

Dengan adanya penetapan UMP 2023 itu, pihaknya berharap dapat disikapi dengan kepala dingin dan bijaksana sehingga dapat menciptakan iklim yang kondusif baik di kalangan buruh maupun pengusaha itu sendiri.

“Sekalinya pun tak terima kan sudah ada mekanisme hukumnya, jangan sampai malah menyuarakan pendapat dengan sikap yang anarkis sehingga ketertiban dan kenyamanan masyarakat terganggu, itu yang kita hindari,” tegasnya.

“Kami tetap mendukung dan bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat, aparat TNI hingga Kepolisian dalam mewujudkan situasi yang kondusif,” lanjut dia.

Dia juga menilai keputusan pemerintah dalam menaikan UMP tahun 2023 telah dilakukan berdasarkan pertimbangan serta kajian yang ilmiah dan rasional.

“Sehingga tidak perlu disikapi dengan gerakan-gerakan yang justru akan merugikan buruh itu sendiri,” pungkasnya.(**)