Komandan Pushidros TNI AL Lepas Manlap Latopssutra Hidros Tahun 2023

0

Koran Jurnal, Jakarta – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat melepas Manuver Lapangan (Manlap) Latihan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi (Latopssurta Hidros) tahun 2023 bertempat di Dermaga Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (25/5/2023).

Sebelum keberangkatan unsur yang melaksanakan Manlap Latopssurta Hidros dilakukan apel gelar kelengkapan yang dipimpin Komandan KRI Rigel-933 Letkol Laut (P) Yohanis L. Kalambo yang selanjutnya melaporkan kesiapan pasukan beserta unsurnya yang mengikuti Manlap kepada Danpushidrosal selaku Direktur Latihan.

Dalam amanatnya, Danpushidrosal mengatakan Latopssurta Hidros yang diselenggarakan pada hakekatnya untuk melatih keterampilan prajurit dan kesiapsiagaan unsur Pushidrosal pada setiap kegiatan di laut, dan melaksanakan perintah survey secara mendadak untuk mengambil data hidro-oseanografi yang dibutuhkan baik dalam mendukung kepentingan TNI AL/TNI maupun kepentingan nasional.

Latopssurta Hidros merupakan gambaran nyata Pushidrosal, dalam menjalankan tugas pokoknya melaksanakan survey dan pemetaan di Indonesia, terutama dalam rangka pelibatan Pushidrosal pada operasi pencarian dan pertolongan (Search and Rescue / SAR) di laut.

Kegiatan Manlap Latopssurta Hidros tahun 2023 dilaksanakan oleh KRI Rigel-933, KAL Vega, KAL Cobra serta unit Survei di perairan Teluk Jakarta, di mulai dari tanggal 25 hingga 31 Mei 2023.

“Jadikan Manlap ini untuk pembelajaran dan bukan menjadi beban, pedomani setiap tahapan agar Manlap Latopssurta Hidros dapat berjalan dengan sebaik-baiknya”, tegas Danpushidrosal.

Hadir pada pelepasan Manlap Latopssurta Hidros antara lain Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, WaIrjenal Laksma TNI Syamsul Rizal, S.H., M.M., CHRMP., Laksma TNI Riandani, M.M.(mewakili Koorsahli Kasal), Danlantamal III Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M., serta para Pejabat Utama Pushidrosal.(disp)