TNI AL dan Angkatan Laut Italia Laksanakan Latihan Bersama di Laut Jawa

0

Koran Jurnal, Jakarta – Dalam rangka memperkuat hubungan kerja sama antar Angkatan Laut dengan negara sahabat, Unsur TNI AL yaitu KRI Cut Nyak Dien-375 dan KRI Wiratno-379  melaksanakan Latihan Passing Exercise (Passex) bersama kapal perang Italia jenis offshore patrol vessel ITS Francesco Morrosini di perairan Teluk Jakarta, Sabtu (22/7/2023) kemarin.

KRI Cut Nyak Dien-375 dan KRI Wiratno-379 merupakan  kapal perang Indonesia jenis korvet kelas Parchim yang berada dibawah komando Koarmada I.

Passing Exercise (Passex) yang dilaksanakan di laut Jawa tersebut merupakan latihan yang dilaksanakan antara dua angkatan laut ketika kapal perang salah satu negara sahabat memasuki wilayah laut dari salah satu kedua negara tersebut. Dengan kata lain, Passex memiliki tujuan untuk melatih kerja sama antara dua angkatan laut dan membangun hubungan diplomasi.

Latihan tersebut, juga dilaksanakan Latihan Photo Exercise (Photoex) yaitu mengambil dokumentasi latihan saat manuver laut dari udara, unsur kapal perang kedua negara berlatih dengan menunjukkan kemampuan laut maupun udaranya. Unsur pesawat udara yang digunakan untuk latihan Photoex yaitu pesawat udara patroli maritim P-8202 yang merupakan unsur TNI AL dibawah komando Koarmada I.

Dalam kesempatan ini dilaksanakan juga serial latihan Manuver Taktis atau Tactical Manuvering (Tacman) dan Farewell Passing.

Deputy Chief of The Italian Navy / Wakil Kepala Angkatan Laut Italia, Vice Admiral Giuseppe Berutti Bergotto sebelumnya bertemu Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali di Jakarta membahas sejumlah kerja sama angkatan laut kedua negara selama ini telah terjalin, di antaranya kegiatan staff meeting untuk menginisiasi dibukanya navy to navy talks sebagai forum resmi membicarakan kerja sama berbagai bidang, seperti strategic overview, pertukaran informasi, pendidikan, kunjungan personel, kunjungan kapal serta latihan bersama antara TNI AL dan Italian Navy.(disp)