Pushidros TNI AL Gelar Baksos dan Pemberian Tali Asih Balita Stunting 

0

Koran Jurnal, Jakarta – Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menyelenggarakan kegiatan bakti sosial dan sosialisasi Stunting bertempat di Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Selasa (25/7/2023).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danpushidrosal Kolonel Laut (P) Soenardi yang diikuti Ketua Gabungan (PG) Jalasenastri Pushidrosal Ny. Titi Nurhidayat beserta Pengurus Jalasenastri Pushidrosal dengan pemberian tali asih kepada balita stunting dan disabilitas.

Baksos yang dilaksanakan ini bertujuan untuk menyukseskan program pemerintah yaitu menurunkan target angka stunting di Indonesia dan membantu meringankan masyarakat binaan Pushidrosal.

Kementerian kesehatan mengumumkan hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) pada rapat kerja nasional BKKBN yang lalu dimana prevelensi stunting di Indonesia turun dari 24,4% di tahun 2021 menjadi 21,6% di 2022 dan kini program pemerintah menurunkan angka stunting dengan target menjadi 17%.

Sedangkan jumlah penyandang disabilitas di Indonesia saat ini mencapai 22,97 juta jiwa atau sekitar 8,5% dari jumlah penduduk Indonesia, dengan jumlah disabilitas terbanyak pada usia lanjut.

Seperti yang pernah disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, bahwa penyelenggaraan program ini salah satunya diaplikasikan melalui sinergi dan kerjasama yang baik di berbagai sektor pemerintahan, sehingga diharapkan dapat mempercepat penurunan angka stunting di Indonesia.

Hal tersebut yang melatar belakangi Pushidrosal bersama Pengurus Gabungan Jalasenastri Pushidrosal hadir di tengah-tengah masyarakat khususnya masyarakat yang berada di Kelurahan Lagoa guna melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pemberian tali asih balita stunting dan penyandang disabilitas bagi keluarga purnawirawan TNI AL baik anak maupun cucunya.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Camat Koja Samsu Rizal Kadafi, Lurah Lagoa Drs. Suratno Widodo, Kapuskesmas Kelurahan Lagoa dr. Dina Ariyani, Kasikesra Kelurahan Lagoa Akti Ismaliah, Danplek Cakrawala Kelurahan Lagoa Mayor Laut (P) Mukid, Ketua RW 017 Kelurahan Lagoa Hermanto.(disp)