KSAL: “Miliki Pangkalan Dengan Sarana Lengkap Mutlak Bagi TNI AL”

0

Koran Jurnal, Jakarta – “TNI AL sebagai garda terdepan dalam pertahanan maritim memiliki kekhasan tersendiri dalam kekuatan militernya, yaitu dalam hal sistem senjata armada terpadu, terdiri dari armada kapal perang, pasukan marinir, pesawat udara dan pangkalan. Sehingga memiliki pangkalan dengan sarana yang lengkap mutlak harus dimiliki TNI AL dalam mendukung unsur-unsur yang berada di medan operasi”.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali saat meresmikan Gedung Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dumai, Provinsi Riau, Jum’at (4/8/2023).  Pembangunan Markas Komando yang diresmikan ini, merupakan hasil dari kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau.

Lebih lanjut dikatakan oleh Kasal bahwa, ini merupakan momen bersejarah bagi TNI AL, karena buah hasil dari kerja sama dan sinergitas yang baik dengan Pemerintah Provinsi Riau, TNI AL kini memiliki bangunan Mako dan fasilitas pendukung yang lengkap dan modern.

“Gedung Mako yang baru ini bukan hanya sebuah bangunan fisik, tetapi juga merupakan simbol kekuatan, keberanian dan dedikasi para prajurit TNI AL yang berjuang untuk melindungi dan menjaga keamanan di wilayah kerjanya”, tandas Laksamana TNI Muhammad Ali.

Pembangunan serta renovasi Mako Lanal Dumai dilaksanakan selama 8 bulan terhitung sejak April 2022 sampai dengan Desember 2022. Selain itu juga dibangun infrastruktur pendukung lainnya seperti Gedung Wijaya Kusuma, Gedung Jalasenasri, tiang bendera, pos penjagaan gerbang dan pos pantau 2 unit, drainase, halaman upacara, serta pagar pembatas.

Dalam peresmian ini Kasal melaksanakan Penandatanganan Prasasti serta pengguntingan pita yang disaksikan langsung oleh Gubernur Riau Drs H. Samsuar, Ketua Umum Jalasenastri Ibu Fera Muhammad Ali, Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, Ketua DPRD Riau Yulisman, serta sejumlah Pejabat Utama di jajaran Markas Besar Angkatan Laut.

Peresmian tersebut merupakan implementasi nyata dari Pembangunan Pertahanan Negara, serta merupakan wujud dari terjalinnya sinergitas TNI AL bersama dengan komponen pemerintah daerah dan institusi lainnya dengan sangat baik.

Usai peresmian Mako Lanal Dumai, pada hari yang sama Ketua Umum Jalasenastri Ibu Fera Muhammad Ali juga menandatangani prasasti peresmian TK Hang Tuah Perwakilan Dumai yang baru saja selesai dilaksanakan renovasi.(disp)