Jalasenastri TNI AL Harus Mampu Menjalani Berbagai Peran Penting

0

Koran Jurnal, Jakarta – Menjelang HUT Ke-77 Jalasenastri tahun 2023, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali selaku Pembina Utama menggelar Acara Tatap Muka dengan anggota Jalasenastri yang didampingi oleh Ketua Umum (Ketum) Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (15/8/2023).

KSAL dalam pengarahannya menjelaskan menjadi seorang istri prajurit TNI Angkatan Laut merupakan kesadaran dan pilihan dengan segala konsekuensinya.

“Ibu Jalasenastri harus mampu menjalani berbagai peran penting, baik sebagai istri prajurit, ibu rumah tangga maupun sebagai anggota organisasi Jalasenastri. Untuk itu diperlukan kemampuan manajemen waktu yang baik dan seimbang, sehingga peran-peran tersebut dapat dilakukan tanpa mengesampingkan salah satu peran ataupun mengorbankan peran yang lain,” ungkap Laksamana TNI Muhammad Ali.

Lebih lanjut KSAL menyebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai seorang istri prajurit yaitu salah satunya mengedepankan tata krama kesopanan dalam berinteraksi dengan personel militer maupun PNS khususnya di lingkungan tempat suami bekerja. Selain itu para istri prajurit TNI AL harus bijak dalam penggunaan media sosial.

“Berfikirlah berulang kali sebelum memposting suatu berita maupun berkomentar di media sosial. Perlu diingat terdapat istilah jari-jemarimu adalah harimaumu,” imbuh KSAL.

Diakhir pengarahan, Laksamana TNI Muhammad Ali berpesan agar para ibu-ibu Jalasenastri dapat menciptakan suasana kerja yang baik dengan dilandasi rasa saling menghormati, asah, asih dan asuh dalam organisasi Jalasenastri, serta menjadikan organisasi Jalasenastri sebagai wadah dalam membantu peningkatan kesejahteraan prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut beserta keluarganya melalui berbagai kegiatan yang berkualitas.

“Ibu Jalasenastri adalah wanita hebat, mutiara dalam keluarga. Seribu karakter dapat diperankan sekaligus guna mendukung tugas suami. Itulah mengapa, dibalik kesuksesan seorang prajurit TNI AL, terdapat sosok wanita hebat, ibu Jalasenastri yang senantiasa setia mendampingi,” pungkas KSAL.

Disampaikan oleh Ketum Jalasenastri kegiatan tatap muka ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Jalasenastri tahun 2023. Dengan mengusung tema “Jalasenastri Berperan Aktif Mengembangkan Potensi Keluarga TNI Angkatan Laut yang Mandiri, Kreatif dan Produktif”, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan anggota, maupun kegiatan sosial yang merupakan bentuk kepedulian terhadap keluarga besar TNI Angkatan Laut dan lingkungannya.

Selain acara tatap muka dengan Pembina Utama Jalasenastri, para undangan juga mengikuti bersama ceramah etika berorganisasi yang diisi oleh ibu Tetty Agus Suhartono dan juga ceramah kesehatan tentang penyakit degeneratif oleh dr. Dr. Libriansyah.(disp)