Meriahnya Atraksi TNI AL pada HUT Ke-59 Sulawesi Utara

0

Koran Jurnal, Manado -TNI Angkatan Laut mempersembahkan sejumlah aksi demonstrasi pada Hari Ulang Tahun ke-59 Sulawesi Utara yang digelar di Pohon Kasih, Kawasan Megamas, Kota Manado, Sabtu (23/9/2023). Atraksi tersebut disambut meriah oleh seluruh warga Ibu Kota Sulawesi Utara yang hadir di tempat acara berlangsung.

Terlihat masyarakat yang hadir sangat terpukau dengan kemahiran para penerbang TNI AL dari Skuadron 200 Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal). Para penerbang ini mempertontonkan aksi pesawat Bonanza G-36 yang bermanuver agresif di atas kota Manado, sontak saja aksi tersebut disambut dengan gemuruh tepuk tangan penonton.

Selain Demonstrasi Udara, puluhan penerjun Prajurit TNI AL dari Komando Pasukan Katak dan Batalyon Intai Amfibi Marinir melayang-layang di udara menunjukkan kebolehannya terjun free fall dengan membawa bendera TN AL dan Bendera Merah Putih.

Tidak ketinggalan Prajurit Marinir TNI AL menunjukkan keterampilan kolone senapan yang merupakan olah gerak kombinasi kekompakan, dan keindahan antara baris berbaris serta memainkan senjata dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VIII Manado.

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono yang hadir mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa bangganya dapat menunjukkan sebagian kekuatan TNI AL dihadapan Masyarakat Kota Manado pada HUT Sulawesi Utara.

“TNI AL mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun pada Provinsi Sulawesi Utara yang ke-59 tahun, semoga sinergitas yang terjalin antara TNI AL, TNI serta Pemerintah Provinsi yang telah terjalin dengan baik, akan terus semakin meningkat,” tandas Wakasal.

Sehari sebelumnya di tempat yang sama, Wakasal juga berkesempatan untuk membuka kegiatan Kasal Cup Water Sport yang diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-78 TNI AL dan menyambut Ulang Tahun ke-59 Provinsi Sulawesi Utara.

Bagi Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono Sulawesi Utara khususnya Kota Manado sudah tidak asing lagi, pasalnya orang ke dua di jajaran TNI AL ini merupakan Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado periode 2017 sampai dengan 2018. Hadir dalam kesempatan ini Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey, dan sejumlah pejabat tinggi TNI – POLRI, serta Pemerintah.(disp)