2 Prajurit Inspiratif TNI AL Terima Penghargaan Dari Panglima TNI

0

Koran Jurnal, Jakarta – Dua Prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) yaitu Lettu Marinir Aldrey Benhur Tiris dan Letda Laut (P) Always Giving Hamonangan Tiris menerima penghargaan sebagai prajurit inspiratif TNI dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (24/9/2023).

Kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke-78 TNI ini diadakan beberapa kegiatan antara lain pameran Alutsista TNI yaitu dari TNI AD, TNI AL maupun TNI AU yang dilaksanakan mulai tanggal 24-27 September 2023, lomba lari “Panglima TNI Run”, bakti sosial, donor darah dan juga acara hiburan Dahsyat yakni bekerja sama dengan media televisi RCTI yang menampilkan berbagai atraksi prajurit TNI dan hiburan dari para artis ibukota.

Hal menarik dari dua prajurit inspiratif dari TNI AL adalah keduanya merupakan kakak adik yang berasal dari Papua, Lettu Mar Aldrey merupakan perwira lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-63 tahun 2018, sedangkan Letda Laut (P) Always adalah perwira lulusan AAL Angkatan ke-66 tahun 2021.

Bahkan yang lebih membuat takjub adalah Letda Always berhasil memperoleh predikat Adhi Makayasa atau taruna lulusan terbaik AAL dan mendapat kehormatan menerima penghargaan tersebut langsung dari Presiden RI, Ir. Joko Widodo saat pelantikannya di Istana Merdeka.

Kedua putra terbaik dari daerah Jayapura, Papua, hingga diterima sebagai  AAL dan lulus sebagai perwira muda TNI AL ini melalui jalan yang cukup berliku. Dihadapkan dengan situasi ekonomi keluarga mereka yang tergolong kurang mampu, dimana ayah mereka bekerja sebagai seorang tukang parkir di Jayapura, Papua.

Namun dengan semangat dan tekad yang pantang menyerah, mereka berdua dapat berhasil dan menjadi inspirasi tidak hanya oleh para prajurit TNI lainnya tetapi juga generasi muda bangsa di seluruh Indonesia terutama dari diharapkan menjadi inspirasi pemuda dari Papua untuk  bergabung mengabdi kepada negara dan bangsa sebagai TNI. Tidak ada yang tidak mungkin jika mau berusaha, maka akan memperoleh hasil yang terbaik. Kesulitan ekonomi, juga wilayah yang jauh dari pusat ibukota bukanlah sebagai rintangan untuk berhasil dan berprestasi.

Turut hadir pada acara tersebut mendampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yaitu Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kasal, dan Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto.(disp)