Prajurit TNI AL Berhasil Raih Juara Pertama Pada Kejuaraan Asia Masters Atletic Championships di Filipina

0

Koran Jurnal, Jakarta – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) atas nama Mayor Laut (KH) Tulus Bagyo P, yang berhasil meraih Juara Pertama dalam Kejuaraan “Asia Masters Atletic Championships” di New Clark City, Capas, Tarlac, Filipina.

Kejuaraan internasional yang diselenggarakan sejak tanggal 08 sampai dengan 12 November 2023 ini diikuti oleh 22 Negara Asia yang berafiliasi Asia Masters Atletic (AMA). Pada kesempatan ini, Kontingen Indonesia mengirimkan 50 atlet andalan dimana salah satunya adalah Mayor Tulus yang sehari-hari menjabat sebagai Kasubsi Watpers Satminpers Denma Mabesal.

Pada kejuaraan ini, Mayor Tulus mengikuti lomba dalam kategori lari 10 km dan berhasil mendapat urutan pertama dengan catatan waktu 38 menit 41 detik yang sekaligus dinobatkan sebagai juara dalam kompetisi tersebut.

Selain itu, Mayor Tulus juga ikut berlomba dalam kategori jalan cepat 5000 m dan berhasil finish pada urutan ketujuh dengan catatan waktu 32 menit 31 detik.

Perlu diketahui Atlet Master adalah sebutan bagi atlet pada cabang olah raga atletik yang berusia di atas 35 tahun. Mayor Tulus merupakan atlet di masa tahun 1980 hingga sekitar tahun 2000. Berbagai prestasi telah ditorehkan dengan cukup membanggakan di ajang nasional maupun internasional.

Adapun prestasi yang berhasil dicapai Mayor Tulus beberapa tahun belakangan ini antara lain:
– tahun 2016 pada bulan November berhasil menjadi Juara Jakarta Ultra 100 km.
– tahun 2017 bulan September menjadi Juara Master Borobudur Marathon 42 km.
– tahun 2018 bulan Juli menyandang Juara Kejurnas Atlit Master 3000 m di Jakarta.
– tahun 2019 bulan Juli, kembali meraih juara pada Kejurnas Master 5000 m dan 3000 m di Lampung.
– tahun 2022 meraih Juara Kejurnas Master bulan Juli di Yogjakarta 3000 m.
– tahun 2023 pada bulan Mei berhasil menjuarai 3000 m pada event Johor Malaysia Master Camphionship.
– tahun 2023 pada bulan Agustus berhasil meraih medali emas pada nomor lomba 3000 m jalan cepat dalam Kejuaraan Nasional Persatuan Atletik Master Indonesia 2023 yang digelar di Semarang, Jawa Tengah.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali sangat mengapresiasi atas pencapaian prestasi yang gemilang dibidang olahraga terutama di kancah internasional. Kasal menekankan kepada seluruh prajurit Jalasena untuk terus mengasah kemampuan yang dimiliki dan memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, serta menjaga dan mengharumkan nama baik TNI, TNI AL, dan bangsa Indonesia di dunia internasional.(disp)