Pangkoopsudnas Pimpin Upacara Sertijab Pangkoopsud I

0

Koran Jurnal, Jakarta – Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI M.Tonny Harjono memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Panglima Komando Operasi Udara I (Pangkoopsud I) dari Marsda TNI Bambang Gunarto kepada Marsma TNI Mohammad Nurdin.

“Kepada pejabat baru, Marsekal Pertama TNI Mohammad Nurdin, saya ucapkan selamat atas jabatan sebagai panglima Koops Udara I. Jabatan ini tentunya kepercayaan dan kehormatan yang diberikan pimpinan sekaligus amanah yang mengandung tanggung jawab yang tidak ringan,” kata Tonny di Markas Koopsud I, Jakarta, Senin (27/11/2023), dikutip antaranews.

Tonny mengatakan dia percaya dengan pengalaman yang dimiliki Mohammad Nurdin, sehingga diharapkan dapat menjalankan tugas sebagai pangkoopsud I dengan baik.

Sebelumnya, Nurdin menjabat sebagai komandan Pangkalan Udara (danlanud) Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Riau.

Tony berharap Nurdin dapat menciptakan inovasi dan terobosan dalam meningkatkan kinerja Koops Udara I.

“Saya berharap Marsekal dapat terus melanjutkan hal-hal yang sudah bagus dan menciptakan inovasi baru, serta terobosan untuk mencapai kinerja organisasi Koops Udara I yang lebih optimal,” jelasnya.

Sementara itu, kepada Bambang Gunarto, Tonny menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya selama bertugas sebagai pangkoopsud I. Selanjutnya, Bambang akan ditempatkan di satuan baru.

“Marsekal Muda Bambang Gunarto setelah ini akan menjabat wakil komandan Kodiklat AU,” ujar Tonny.

“Nanti, beliau akan menangani masalah pembinaan, doktrin, pendidikan, dan latihan di Angkatan Udara,” sambung Tonny.

Tonny menjelaskan pergantian jabatan di TNI AU merupakan hal biasa dan lumrah yang bertujuan untuk menyegarkan organisasi dan menambah pengalaman untuk pejabat bersangkutan.

Upacara sertijab dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 tanggal 9 November 2023 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Dalam surat tersebut, ditetapkan mutasi dan promosi jabatan terhadap 105 perwira tinggi (pati) TNI, yang terdiri dari 56 pati TNI Angkatan Darat, 37 pati TNI Angkatan Laut, dan 12 pati TNI AU, diantaranya jabatan Pangkoopsud I.(*)