TNI AU Terima 8 Helikopter Angkut Berat H-225M

0

Koran Jurnal, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA menerima penyerahan delapan unit Helikopter Angkut Berat jenis H-225M dari Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jum’at (1/12/2023).

Helikopter produksi kerjasama industri antara PT. DI dengan Airbus Helicopter Perancis ini akan menjadi kekuatan terbaru bagi TNI Angkatan Udara (AU) untuk memperkuat Skadron Udara 8 Wing Udara 4, Lanud Atang Sendjaja, Bogor.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dalam sambutannya menyampaikan penyerahan Helikopter H225M ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat pertahanan Indonesia.

“Seluruh keselamatan Bangsa, seluruh kekayaan Bangsa, seluruh masa depan Bangsa, hanya bisa dijamin oleh pertahanan yang kuat,” tegas Menhan.

Lebih lanjut Menhan menegaskan bahwa memiliki suatu Angkatan Perang adalah mutlak untuk menjamin kemerdekaan kita.

“Untuk itu atas nama Pemerintah Republik Indonesia, saya ucapkan terima kasih atas semangat dedikasi dan pengabdian Prajurit Angkatan Udara yang telah mempertaruhkan jiwa dan raganya dalam mengawaki alutsista udara, terimakasih seluruh rakyat Indonesia atas semangatmu. Semoga Angkatan Udara kita diberi kejayaan di masa mendatang,” pungkas Menhan RI.

Helikopter H225M ini dirancang sebagai helikopter angkut militer multi peran dan memiliki sejumlah fitur canggih seperti desain modular, penggunaan material komposit, avionic canggih, termasuk _LCD Multi-Functions Displays, Vehicle Monitoring System dan Automatic Flight Control System_. H225M ini merupakan platform yang sempurna karena dapat terus dikembangkan dan dilengkapi dengan sistem senjata generasi baru untuk berbagai misi operasi militer di masa datang.

H225M ini dirancang untuk dapat diawaki dua kru (pilot dan kopilot) dan satu Juru Mudi Udara, mampu menampung 28 pasukan serta dapat mengangkut beban maksimal sebesar 11.000 Kg dengan kecepatan terbang maksimum mencapai 150 Knots dengan jarak jelajah 920 km.

Bersamaan dengan penyerahan Helikopter H225M ini Menteri Pertahanan RI Prabowo Subiyanto juga meresmikan flight simulator H225M. Simulator ini merupakan replika yang dirancang spesifik dengan helikopter H225M, sehingga para penerbang nantinya mampu mengaplikasikan dan mensimulasikan kontrol atau alat fungsi setiap alat yang ada saat berada di helikopter sebenarnya untuk tujuan pelatihan.

Turut hadir dalam penerimaan Helikopter ini Sekjen Kemhan, Kasum TNI, Pangkoopsudnas, Kabaranahan Kemhan serta sejumlah pejabat Kemhan dan TNI.(disp)